Rabu

Meminta certificate + key dari OPDA

Bagi pengguna symbian s60 3rd pasti sudah gak asing lagi dengan kegiatan mencari certificate + key untuk men-sign aplikasi unsign.. Bagi kebanyakan orang cara ini repot, tapi apa salahnya kan repot sedikit.. hehehe... Me-request certificate + key dari OPDA sebenarnya gak sulit kok, yang penting sabar aja nunggunya.. Biar kelihatan mudah, nih gw rangkum caranya menjadi 3 tahap:

I. Masuk ke www.opda.net.cn
Klik register. Nanti TOS (Term of Service) akan muncul, scroll ke bawah atau lihat ke bawah dan klik link sebelah kiri. Selanjutnya akan muncul kolom isian yang harus kamu isi
-kolom 1 : kode captcha
-kolom 2 : penjumlahan
-kolom 3 : username
-kolom 4 : password
-kolom 5 : reenter password
-kolom 6 : email
kolom yang lain abaikan saja. Kalau sudah klik link dibawahnya.

II. Login ke cer.opda.cn menggunakan account kamu tadi. Setelah login klik english site. Setelah itu masuk ke Request cert, maka muncul kolom sebagai berikut :
-kolom 1 : model hape kamu
-kolom 2 : nomor hape kamu (isi 11 digit dengan nomor apa aja, dimulai dengan angka 157)
-kolom 3 : nomor IMEI
-kolom 4 : nomor IMEI
-kolom 5 : nick
setelah beres klik Apply

III. Kamu sudah melakukan request certificate + key dari OPDA. Biasanya cer + key keluar 1x24 jam atau lebih. Sering-seringlah cek di my cert (tapi sebelumnya kamu harus login dulu dengan username sewaktu melakukan request). Jika sudah jadi, ada link buat nge-download cer + key nya

85 Comment (s):

khery mengatakan...

thx bgt yah.....
ini buat hack game ngage kan certificate nya???
soalnya kalo di forum2,,, mesti ini-itu dulu... repot...

Dwi Maihut mengatakan...

Hahaha... iya bro, betul banget.. Salah satunya thread di forum kaskus, syaratnya mesti sudah pernah nge-post 100x,huaa... nunggu 100 post lama banget yak, padahal butuhnya sekarang.. Tapi maksud mereka baik bro.. Oce dagh, sama-sama bro.. ^_^
*sundul*

Vieck Zand mengatakan...

kok g bs login yach stlh register?

Dwi Maihut mengatakan...

Setelah daftar ya di cek donk mas email konfirmasi di inbox kamu, klik tautannya.. baru registrasi kamu valid.. ^_^ mudah gitu kok..

zhie mengatakan...

gw nei pemula bozh... apa tuw hack gw jg lom paham 100%...
pengen nyoba,, tp ntar apa resikonya buat hp 5320 gw klo misalnya salah wktu proses hack??

Dwi Maihut mengatakan...

Jgn ragu untuk menghack hape symbian s60 3rd kamu, walaupun seandainya gak berhasil dlm prosesnya nanti gak akan berpengaruh pada hape.. Gak akan ada yg rusak.. & juga setelah di-hack, hape bisa dikembalikan ke kondisi sebelum di-hack..

Anonim mengatakan...

Kak dwi helep. .
Wa bru pnya hp 5730xm. .
Wa kan pnya 2 hp 1 n gage dan ini sekali wa masukin vbag dan dah wa aktifkan msh dak bsa main selalu keluar. .
Wa tnya ma ka erwin kk yg plng ngrti. .Kta'nya hrus d hack dulu. .
Aku bngung hack na gmana. .Mslh cartificasi dan key na. .
Untk thap awal aja wa dah bngung. .
1. .kode captha tu apa. ?
Apa yg hrus d isi d kolom itu. .
2. .juga sapa penjmlhan apa yg d isi. .
3. .username tlis nama kita ya.
4. .pass tk kode rhasia.
5. .msukin kode yg sama kya no 4 kan. .
6. .email harus yg aktif ya. .
Trus smua ini hrus d laku kan d mana. ?
Hp atau pc. .
Pliis bntu kk dwi. .
By toni. .

Dwi Maihut mengatakan...

Bahasanya kurang saya mengerti, lain kali jangan disingkat2 ya. Sepertinya kamu baru banget, saya gak yakin kamu bisa menghack ponsel kamu, sebab di proses awal saja kamu benar2 tidak tahu total, sebaiknya minta bantuan temanmu yang paling tidak sedikit mengerti tentang internet dan ponsel symbian.
1. Chapta: di kolom ini isi dengan benar kode chapta yang terlihat. Harus sama persis.
2. Sapa penjumlahan. Saya kurang ngerti ni bahasa kamu.
3. Username: terserah nama apa aja.
4. Pass: kode password untuk login masuk.
5. Ya
6. Ya
Masalah cara menghack 5730xm sudah saya posting, kamu cari saja di blog ini, atau lebih mudah dari menu pencarian disebelah kanan. Semoga banyak membantu..
^_^

Dwi Maihut mengatakan...

Di PC

Dwi Maihut mengatakan...

Supaya jelas, kamu kunjungi dulu deh situs OPDA nya, melihat2 langsung pasti ngerti lah kamu mana2 saja yang saya jelaskan itu..^_^ Minimal kamu ngerti sedikit bahasa inggris

Anonim mengatakan...

kok bahasa cina kk ndak ngerti...
by toni

Anonim mengatakan...

kak dwi di mana tuk tahap awal dah selesai..
masuk ke tahap kedua bingung....heee
1 setelah gua buka cer.opda.cn tulisanya cina senua.
login na d mana cma ada 1 kolom yang d isi..
plissss helep..
^_~

Dwi Maihut mengatakan...

Klik english site.. di posting atas ada dijelaskan, baca dulu benar2.. ^_^

Anonim mengatakan...

Iya udah bsa. .
Tpi sekali login yg ke 2. .
Wa register lagi tk bsa masuk jdi 2 x sara register. .
Kata'na dah sukses msuk. .
Tpi ndk ada ngsi kolom kya no 2. .
No hp segala ndak ada. .
Bngung ni. . .
Cri rekues cri na d mana. .
Yg ada cma certificase of appoval mun dak salah. .
Bngung. .hehe

Dwi Maihut mengatakan...

Cek email konfirmasi registrasinya di inbox email kamu, klik link yang diminta, barulah registrasi kamu valid.. Baru login dengan username itu..
Semua orang merequest ke situs itu, ada 1 lagi situs tapi itu web berbahasa china

Anonim mengatakan...

Mungkin yg gua buka emang bhsa china. .
Kan pertawa aku ke www.opta.net.cn.
Yg keluar lngsng bhsa cina. .
Lngsng tekan register yg paling atas sebelah kanan. .
Yg ada cma.
1 masukin nama.
2.konvirmasi nama
3.pass.
4.komvirmasi pass
5.Trus masukin IMEI
Dan kode saptha.
Trus register sukses. .
Apa ini bnar. .

Dwi Maihut mengatakan...

Sedikit berbeda, saya memilih tombol english site sebelum mendaftar..
Sering2lah login ke account kamu disana dan periksa certificate dan key nya di my cert, jika sudah ada disana akan ada link untuk mendownload certificate dan key nya.. Saya dulu 2 minggu baru dapat cer+key nya..

Anonim mengatakan...

Oow. .
Jdi skrang bda ya kak dwi. .
Lhat udah ada atau blum lhat d mana nanti. .
Di www.opda.net.cn
Atau www.cer.opda.cn. .
Aku registrasi 2 kali. .
Semua pass dan nama nya lain"
D opda.net lain dan di cet.opda juga lain. .
Trus aku bka d email aku blum ada kotak msuk tntang pemberitahuan tntang opda atau cer.opda juga ndk ada. .hehe
Gmana solusi nya kaka dwi. .
Kebnyakan yg msuk tentang pembritahuan fb. .kwkwkw
Wa mau main vbag d hp ini tpi biar udah d aktivkan tetap terlmpar keluar. .
^_~

Dwi Maihut mengatakan...

Berarti sekarang daftarnya sudah mudah..
Kamu periksa ya di situs dimana kamu merequestnya... apa bisa memesan barang di toko A ngambilnya di toko Z? Tidak donk...^_^
Saya request di www.opda.net.cn, saya login ke situs itu dengan account saya, lalu periksa di my cert. Semuanya ini kan sudah dijelaskan di posting diatas... Apa kamu tidak baca? ^_^ mohon diperhatikan dulu postingnya, kalau tidak ada jawabannya disana baru kamu tanyakan ke saya..^_^

Anonim mengatakan...

Mas tlongn aku ya!!
G bs ngktvn s60v2 vbagx v1.20,
Aku dh nyba dip opda.. Tp g bisa.. G da requestnya, Trus a cba msuk aktvasi vbagx.. Mlh g bsa ngbuka.
No imai aku 355720020698720
bntuin ya!

Anonim mengatakan...

kak dwi...
lihat cer dan key na d mana setelah melakukan ini semua..
kan setelak buka my certivikasi lalu d mana data tuk donload na....
plisss...
tolong kk dwi.
by toni

Anonim mengatakan...

kak dwi lihat donload an untuk cer dan key na d mana setelah d buka d my certivikasi.....
trus lau udaj dpat gmana aktivkan na d hp...

Anonim mengatakan...

kak dwi lihat donload an untuk cer dan key na d mana setelah d buka d my certivikasi.....
trus lau udaj dpat gmana aktivkan na d hp...
^_~

Dwi Maihut mengatakan...

Ya ampun, anda baca posting diatas! Lihatnya di my cert!! Kalau certificate dan key anda sudah jadi dibuat OPDA, nanti disana ada sendiri link downloadnya..
Tentang cara menggunakan cert dan key nya lihat di sidebar! Semua yg anda tanyakan ada semua, anda malas mencari.

Anonim mengatakan...

Kalo N97 sama cara hack nya?
ikut fp1 ap pre fp1?

Dwi Maihut mengatakan...

wah, saya kurang tau N97.. ^_^

Bayurex mengatakan...

Mas dwi, klo nama hp 5630 msukin namany gmn........5630 aj ato 5630 xm........

Dwi Maihut mengatakan...

Lah, masa' hape sendiri kok gak tau? Kalau saya ya mana tahu hape anda apa.. Yang saya ketahui tipe 5630 biasa (communicator) dan 5630 Xpress Music, nah hape anda yang mana? Hehehe... ada ada aja

alex mengatakan...

gan bahasa cina y?
ganti k inggriss g isa y?
bingung >.<

Dwi Maihut mengatakan...

Kalau sudah di situs OPDA, cari tombol "English site"

Dwi Maihut mengatakan...

Kalau sudah di situs OPDA, cari tombol "English site"

Anonim mengatakan...

kkenglish sitenya g isa dibuka

Dwi Maihut mengatakan...

Mungkin situsnya lg down kali, atau jaringan di tempat kamu lagi matet.... ^_^

Anonim mengatakan...

ka dwi aku mau tanya.
klo certificate + keynya udah dapet trus bisa langsung pake free signer ya?
oia bagus mana mobile signer n free signer ka?

Dwi Maihut mengatakan...

Bisa... Cert+key itu juga bisa digunakan untuk men-sign aplikasi2 unsign lainnya.
Antara mobile signer dan freesigner sama2 bagus. Cuma kadang ada yang gagal sign aplikasi dengan mobile signer tapi pas coba freesigner bisa, gitu juga sebaliknya... Jadi kamu coba2 aja mana yang bisa^_^

dodi jaya mengatakan...

bos aq dah coba logn di cer.opda.cn trus klik apply cer aq masukn nama email trus imei,remark berarti aku sudah merequest cer ya?

dodi mengatakan...

bos aq dah coba logn di cer.opda.cn trus klik apply cer aq masukn nama email trus imei,remark berarti aku sudah merequest cer ya?
bos aq dah coba logn di cer.opda.cn trus klik apply cer aq masukn nama email trus imei,remark berarti aku sudah merequest cer ya?

dodi mengatakan...

tunggu jawabanny segera bos,please meski ya atau tidak.

Dwi Maihut mengatakan...

Sudah...

Tedong mengatakan...

Dwi Maihut... berjiwa mulia banget lo
Thanks Brother

Dwi Maihut mengatakan...

Sama sama mas... ^_^

Immanuel Riyadi mengatakan...

thanx y bro...
GOOD....!!!!!

Renata mengatakan...

Kak dwi...
saya dah daftar nih..
dah login juga..

nah di langkah ke-2 kak dwi kan bilang "Setelah itu masuk ke Request cert"
tp aku gak menemukan tab yg bernama Request cert itu... gimana donk kak? apa website ada perubahan?

Dwi Maihut mengatakan...

Mungkin sekarang namanya diubah... Dites aja tab2 yang ada.. Atau, coba kamu kembali lagi ke situs OPDA di lain waktu, syapa tau mungkin situsnya lagi maintenance...

Anonim mengatakan...

Kak,kode captca itu apa ??

Dwi Maihut mengatakan...

Kode verifikasi... Bisa berupa angka, huruf, atau kombinasi angka-huruf

dodi mengatakan...

waduh opda susah diakses bos.Juga sampai skrng aq gk bs pake ngage v120 bs ny versi lama hp q yg n93 ntu.Gmn nh bos?

Dwi Maihut mengatakan...

Apa yang v120 itu versi crack? Kalau iya kamu harus menghack dulu hape kamu baru dia mau diinstall.. Sekuriti hape s60v3 dan s60v5 gak mengijinkan aplikasi/game crack terinstall, itulah gunanya menghack, membuka sekuriti itu ^_^

Anonim mengatakan...

makasih bgd nih
hahaha
jd bisa maen vbag nya d 6120c saya

hengki kusuma ady mengatakan...

gimana ya kalo bisa mengkonfirmasi

Anonim mengatakan...

thx boz

Aku br dpt cer n key nya dari opda.
Mo nyoba proses brikutnya neh. hp ku 5730 xm.

Sukses bwt smuanya.

By iMz

Unknown mengatakan...

gue udah dftar di opda.cn trus brhasil deh tp ko hp gue tetep ga bsa apa2 gtoo
trus hp gue tu e71 mrek nya dri cina gmna biar bisa di hack lagi tolong dong?????????
by fadlie

Dwi Maihut mengatakan...

Kalau sudah dapat sertifikat dan key nya, lakukan proses sign.. Gak bisa cuma mendaftar di OPDA trus hapenya sudah terhack..^_^

anang purwoko mengatakan...

boz hpq n78,aq udah mensign heloox tp pas instal kok malah akses ke aplikasi tidak d ijinkan gtu...

Anonim mengatakan...

opda.net.hk

paijo mengatakan...

saya salut dengan mas dwi yang dengan setia membalas pertanyaan dari temen-temen yg sangat newbie sekalipun ... saya aja baca pertanyaannya jadi ketawa sendiri .. kebanyakan dari kita emang takut mencoba dan lebih banyak bertanya

saran buat temen-temen yg laen, baca dulu benar-benar, pahami maksudnya baru dipraktekkan jangan buru-buru nanya ... untung aja yg punya blog ini sabar, kalo di forum hack nanya kayak gitu bisa langsung di kick dari forum

viva mas dwi

Dwi Maihut mengatakan...

Terima kasih mas paijo atas dukungannya... ^_^ semua pertanyaan/komentar yang masuk pasti saya jawab, yang penting sopan.. ^_^

Anonim mengatakan...

Kak dwi
ud sign helloOX2 pk freesigner
pas mw nginstal,sblm pilih memory muncul tlsn "required application access not granted"
jd gmana?

Dwi Maihut mengatakan...

Seharusnya gak ada tulisan seperti itu... Dilanjutkan saja, dan kalau ternyata gak bisa coba sign dengan mobilesigner

Anonim mengatakan...

mas komfimasi email nya di email sendiri pa disitus opda sendiri.coz setelah daaftar email ku gak da komfirmasi seperti mas katakan

Dwi Maihut mengatakan...

Email berisi tautan konfirmasi dikirim ke email yang anda gunakan mendaftar keanggotaan di OPDA

Anonim mengatakan...

mas dwi saya da dapat key sama certifukatnya ini:
opda.cn_N81_NUGNUG′ N81_356995013109310.cer
opda.cn_N81_NUGNUG′ N81_356995013109310.key
ini bener cert ma key nya tah mas.coz minta di forum ribet mas tolong bimbingannya.sukses mas dwi

Dwi Maihut mengatakan...

Iya benar, seperti itu cert dan key nya.. Kamu sign dengan aplikasi yang mau kamu sign.. Caranya sudah ada di sidebar sebelah kiri, ada 2 cara, sign dengan free signer atau mobile signer

Anonim mengatakan...

momer captcha tuh nyari na di mana ka dwi ???
ku tahu na no imei duand , cuma tekan *#06#
klu captcha dimana ka ???
terus masukin penjumlahan ???
maksud na masukin penjumlahan pa ka ??

Dwi Maihut mengatakan...

Silahkan pilih tombol English Site di situs OPDA supaya lebih jelas. Situs opda sekarang sudah tidak sama lagi tampilannya dengan ketika saya menuliskan tutorial ini...

Anonim mengatakan...

punya saya certifikatnya lama banget .
gajadi jadi ampe sekarang,dari tgl 28 .
please help kalo ada cara lebih cepat

aldo mengatakan...

mba dwi ..
ko saya udah semua tuh ..
ko lama banget ya jadi certifikat na :(

Anonim mengatakan...

Kak dwi IMEI thu,aph ea?tlng djelaskan?

Anonim mengatakan...

Kak saya sudah register dan berhasil.
dan ane login lagi sesuai perintah diatas.
tapi kok ndak ada request cert?
mohon penjelasannya.

thanks

Dwi Maihut mengatakan...

Situs OPDA sudah banyak mengalami perubahan sejak artikel ini saya buat, tapi perubahannya gak begitu njelimet, kalian klik aja tombol ENGLISH SITE, nanti bahasa situsnya berubah jadi bhs inggris, nah ikuti instruksi yang tertera...

Anonim mengatakan...

kak... ko sy malah gk dpt email balasannya...???

venk mengatakan...

om dwi apa request cert diiganti jadi tab apply cert ?
soalnya saya coba uploadcert malah suruh masukin fil berformat .cer/.key....

venk mengatakan...

kak sya sudah daftar ke opda dan yg saya tanyaapakah request chart duganti jadi apply cert ato upload\cert....
?
stelah itu saya beberapa jam kmudian masuk ke\ my cert
blum ada
yng ada sperti iniModel Remark IMEI(IMEI) Apply/Upload(Time) Expire Time State Operate
N81 eldokrenz N81 356994013872290 2010-10-01 13:49 Applying delete

Dwi Maihut mengatakan...

Appy cert atau upload itu kalau kamu udah punya cert (yang expire). Nah kamu kan gak punya tuh? Di request ke mereka, coba klik english site trus klik help..

Anonim mengatakan...

aq juga bingung cari request cert nya dimana @.@
ada pencerahan kah dari para suhu??

Anonim mengatakan...

ga ngerti gan, ga ada english site

Anonim mengatakan...

minta link req cert nya dong bos :)

Anonim mengatakan...

radit love jani
maaf bang dwi...
mau tanya nih...
ko site www.opda.net.cn pas dibuka bahasanya g jelas y....
angka2 gitu...
saya minta petunjuk yang baru ddonk bang biar lebih jelasnya...
thx y....
ditunggu jawabannya...

agi nopriansyah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

sori gan, bs mta tlg krm email attchment file HelloOX2.03 nya, soalnya d sedot susah bgt.
abimzz@yahoo.com
tengkyu b4

Anonim mengatakan...

kk saya masih bingung hack e63 saya, krna td udah minta sertifikat dari opda tp koq ga bisa hack, lalu certifikatnta kebuka kaya teks gtu trs saya mo instal aplikasi kok masih sertikatnya kadarluarsa...
gmn ni, mhn pencerahannya??

Fikar mengatakan...

punyaku kok nggak muncul ROMpatcher nya ya????tolong dijawab..please

JaRuleD mengatakan...

Permisi bang Dwi, numpang posting (ralat)
Kyknya step I diatas tdak perlu (mungkin krn ada perubahan situs).

Saya register langsung ke cer.opda.cn. Untuk versi english klik bendera inggris di pojok kanan atas (atau langsung ke link http://cer.opda.cn/en/index.php)

Pasalnya, saya mengikuti langkah diatas dari step I. Tp bgtu mau login ke cer.opda.cn, tidak bisa sama sekali. Trus saya langsung register saja disitu dan bisa langsung masuk tanpa konfirmasi validasi email.

Dan begitu login, akan langsung di antar ke halaman My Certificate. Untuk request certificate, tinggal klik tombol Upload Cer kemudian tgl memasukkan informasi yang di minta seperti Model HP, IMEI, dan kawan2.

Thx sebelumnya, sukses terus bang Dwi. Saya jadi pengen bergelut jg di mobile programming, mumpung dah punya basic pemrograman.

JaRuleD mengatakan...

Permisi bang dwi, tolong di edit posting sebelumnya sebelum di tampilkan biar tdk salah paham yang lain.
Yaitu kata Upload Cer diganti dgn Apply Cer.
Thx Bang Dwi.

JaRuleD mengatakan...

Next Update lagi bang Dwi.

Untuk request cert dan Key di opda skarang mesti donasi paling tidak 3 EURO dan nunggu 3-5 hari dengan alasan file besar dan menunggu proses donasi.

Tp ada solusi lain dengan langsung meng-sign aplikasi secara online begitu certificate kita dah di apply. dan langsung kita download kembali.

Thx, semoga bermanfaat bagi yang pengunjung berikutnya.

Posting Komentar

It's totally free for submitting comments :D
Fill the name with your ID or your Nickname! And do not put any link or your comment will reject.. (I hate spam)

Template by : Software and Symbian Mobile