Kamis

CARA MENGINSTALL GAME DI Nokia N-Gage series

Berhubung file instalasi game itu ada beberapa jenis, maka masing-masing jenis file memerlukan penanganan yang berbeda. Dibawah ini saya akan mencoba menjelaskannya tahap demi tahap untuk masing-masing jenis file. Semoga bermanfaat… :)

1. File SIS (Symbian Installation Files)
Untuk file yang berukuran kecil (kira-kira berukuran lebih kecil dari setengah memori telepon yang tersisa) dapat langsung diinstall setelah di transfer ke HP. Tapi jika file berukuran besar, maka cara menginstalnya adalah sebagai berikut:
Cara pertama, gunakan PC Suite. PC Suite bisa didapatkan di dalam CD yang disertakan pada saat pembelian HP. Tapi aku yakin para pengguna hp N-Gage QD sudah banyak yang gak punya CD nya lagi. Oke kalau gitu KLIK DISINI untukk mendownload PC Suite Nokia N-Gage QD. Selanjutnya install PC Suite di komputer dan jalankan. Koneksikan komputer dan HP dengan menggunakan kabel data atau Bluetooth (untuk QD cm bisa lewat bluetooth).

Trus kalo udah terkoneksi dengan baik, langkah berikutnya adalah install aplikasi yang diingankan. Cara kedua dengan menggunakan UnMakeSIS.v02. UnMakeSIS adalah tools yang berfungsi untuk mengekstrak file SIS. Jalankan UnMakeSIS dikomputer, kemudian klik tombol “open”.
Browse file SIS yang akan di ekstrak, dan setelah itu klik tombol “extract files”. Secara default lokasi hasil ekstrakan berada di lokasi yang sama dengan file SIS yang dibrowse tadi. Selanjutnya tinggal transfer file hasil ekstrakan tadi ke HP.
Jika sewaktu meng-copy-kan file kemudian muncul “dialog box” Maka, klik tombol “yes” jika file baru berukuran lebih besar pada file lama dan kalo sebaliknya klik tombol “no”.


2.File BLZ (*.blz)
Untuk menginstal file ini dibutuhkan Blizzard N-gage Installer v1.0. Install “Blizzard Ngage Installer” di HP. Setelah proses instalasi selesai langkah selanjutnya mentransfer file blz ke HP dengan lokasi “e:\” atau memori eksternal. Setelah itu jalankan Blizzard Ngage Installer, pilih file yang akan diinstal kemudian tekan instal.

3.File Java (*.jar)
Transfer file ke HP. Kemudian Install.

51 Comment (s):

Anonim mengatakan...

kalau saya koq web system error knapa yaaaa? jadi gak bisa browsing nih!!!

Dwi Maihut mengatakan...

N-gage ya? gw juga pernah gitu.. solusinya kamu flashing n-gage kamu, dan programnya usahakan yang tahun 2005..

bayu mengatakan...

gmn sih caranx k' g bsa" maklum msh newbie . bantu q dunk download app n game dah yoba download disni eror jg . klo dah download k' sulit di psang ea

Dwi Maihut mengatakan...

Gak bisanya gimana ya?
Masang aplikasi n-gage mudah aja, unpack file sis nya dengan menggunakan software UnMakeSIS, trus salin deh folder2nya ke MMC.. ^_^

rio mengatakan...

Carana koneksikan n70 dgn leptop pake bluetooth gmana bro?Pengen update software gw ni

Dwi Maihut mengatakan...

Beli dulu bluetooth buat laptop kamu, sudah itu install driver nya di laptop kamu.. Sekedar saran, melakukan update firmware/software sendiri sebaiknya dipertimbangkan lagi, koneksi lambat atau putus sebentar saja bisa membuat hape kamu hang/rusak. Lebih baik update ke Nokia Center terdekat

iyosh mengatakan...

mas caranya instal gamne n-gage yg tipe filenya .sisx dan .n-gage gimana?

Unknown mengatakan...

klo .n-gage tu buat n-gage platform 2.0

kk dwi n-gage klasik koneksix bisa pke kbel data kan?

ato musti pk blutut?

Anonim mengatakan...

assssssu

Anonim mengatakan...

koq n gage gw klo ada pesan msuk lgsg ad out box.y,, knp ya??

ciherank.com mengatakan...

mas Knpa Sih setiap Nginstal File.jar Selalu MIdpui tertutup ?????????????? Kalo Nginstal .sis APPINST tertutup??????????????? Aku Dah Download YG Aplikasi SISBOOM tapi kok ngak bekrja???????
MAka sih mas Maaf Agak Panjang

arip mengatakan...

kalau cara menginstal game / app. dengan file .zip gimana ?

Anonim mengatakan...

susah instl game ngage qd d hp

Anonim mengatakan...

Mas,,, maen N-gage di 5230 gimana sih???
aku dah instal N-gage emulatornya yg 2.0

Anonim mengatakan...

Gan...N gage classic jenis game yang bisa di intsal java/symbian/apalah?trus cara instalnya gmn?yang java gak kedetec klo di copy ke mmc.dibluetooth di instal eh sistem error setelah di instal?jd gmn dong? help help...bayu

reno mengatakan...

BRO, AQ KAN BRU INSTAL APLIKASI SECURITY UNLOCKER,
WAKTU PROSES INSTAL HAMPIR SELESAI, ADA SEMACAM PERINGATAN YG INTINYA GINI, KLO NANTI DAH SLESAI INSTAL, LETAKKAN DATA YG DISEBUTKANNYA TD KE DRIVE :C/
KE DRIVE :D/ JG BRO,
SETELAH SLESAI INSTAL, NGAGE QD QU LANGSUNG EROR, DAN ADA SMACAM PESAN PRINGATAN 'SYSTEM EROR'.
QU COBA RESTART, TP GA BS JG BRO, MALAH GA BS BUKA MENU, CUMA ADA LAYAR PUTIH MA TULISA NOKIA AJA.
SOLUSINYA APA HARUS DI FLASHING BRO?
FLASHING TU APA?
DAN GUNANYA FLASHING?
MAKLUM GAPTEK.
HEHE..

Dwi Maihut mengatakan...

Jadi kamu memindahkan datanya ke drive C ? Dan sekarang n-gage kamu blank dan cuma ada tulisan nokia aja? Kalau sudah seperti itu mesti di flashing.. Flashing mengganti software hp, jadi semua data2 akan hilang..

Anonim mengatakan...

RENO.
qu blm mindahin datanya nya di drive :c/
qu instal aplikasinya di drive :e/
dan selesai penginstallan maka selesai jg lah hp kesayangan qu itu,
dasar tu programmer sialan bisanya ngecohìn org aja.
o ya, klo flashing, software tahun brp yg bagus bro?

Anonim mengatakan...

reno.
untk mencegah system eror lg,
aplikasi unlockernya di delete dulu dari mmc aq gt bro?

Dwi Maihut mengatakan...

Ada yang tau?

ocky octaviandri mengatakan...

mas aya lebih suka game yang filenya BLZ karna lebih bagus, sebenernya jenis file itu berpengaruh ga si sama kualitas game itu sendiri? soalnya yang saya rasain perbandingan dari segi resolusi aj udah bagus bgt. contohnya game moto gp yang SIS sama moto gp yang BLZ agak berbeda resolusinya (BLZ laebih bagus) dan yang ga usah di ragukan lagi adalah game faforit saya THPS hhehe... recuest game BLZnya dong mas..
thx alot be fore...
salut buat mas DWI MAIHUT

Anonim mengatakan...

bro,, n-gage qd q pke app bliz u/ instal file blz. sllu eror,, tlg solusinya dong

Dwi Maihut mengatakan...

Gamenya apa ya? Mungkin memory bebas kamu sedikit.. Game blz memang berukuran kecil, tapi pas diinstal ukurannya menjadi besar..

Anonim mengatakan...

mas jelasin nginstal file sisx di n gage donk..
please butuh banget nih...

Dwi Maihut mengatakan...

Format sisx gak bisa di platform symbian s60v1 dan s60v2..

Anonim mengatakan...

makasi atas artikelnya ..

Anonim mengatakan...

bro,,cara nginstal game n-gage di N81 gimana??

pridon mengatakan...

halo mas dwi. saya mau tanya nih.
saya ga bisa instal game call of duty.sis via seleq dan saya jg ga bisa instal via bluetooth krn pesan penuh katanya padahal mmc saya 512 mb yg terpakai hanya 40mb sisa msh banyak banget. solusi nya gmn ya? thanks sob.

Dwi Maihut mengatakan...

Walaupun MMC kamu masih tersisa banyak, tetap gak berpengaruh karena memory internalnya tetap lebih kecil dari besar gamenya.. Solusinya, ekstrak file sis itu.. Tapi cara ini perlu bantuan komputer dan card reader.


1. Ekstrak file sis dengan software siscontents atau unmakesis. Kalau gak mau repot2 mengekstrak, download gamenya disini.

2. Sesudah diekstrak, terlihat folder2 gamenya. Melalui card reader, salin atau transfer folder2nya ke MMC kamu sesuai urutannya. Misalnya folder a676 letaknya di folder system, berarti kamu harus menyalin ke folder system di MMC kamu

Selesai. Cara ini menurut saya sangat mudah karna hanya perlu menyalin..

Anonim mengatakan...

salam kenal mas dwi...
saya didit di kep.riau.. mo nanya nih, keponakan saya baru aja beli n gage second (batangan aja nih), minta di isiin game ke n gage nya dari pc saya melalui card reader ke mmc n gagenya. pas abis donlod, saya bingung nih mo naruh game itu ke mana ya? kalo di sonerrcson kan udah langsung ada tuh foldernya jadi tinggal mindahin aja kan ya.

mohon pencerahannya ya mas dwi
terimakasih sebelumnya dan sukses buat forumnya ya

Chameleon mengatakan...

kk cara mnghilangkan write protection d mc n-gage gmna? uda bli mc baru tapi tetep ada aj kga bsa di apa2in (write protected), w pke cardreader tapi klo pke mc hape lain berjalan mulus. mohon bantuannya coz w kga bsa mindahin gameny klo gk di ilangin write protecnya

Dwi Maihut mengatakan...

@chameleon: status write protect hanya waktu di hubungkan ke card reader/usb kan? Ini biasanya card reader atau kabel penghubung ke usb nya yang bermasalah, udah ada karatnya biasanya.. Coba ganti card readernya..

@anonim: mudah kok... Tinggal extract aja file rar/zip/sis gamenya.. Kalau rar atau zip diextract dengan WinZip, kalau sis diextract dengan UnMakeSIS, filenya bisa dicari di [DISINI]. Lalu sesudah diextract perhatikan hasil extractnya, ada folder2.. Nah disalin folder2nya ke MMC sesuai dengan foldernya.. Misalnya folder "Raiku" ada di folder system, berarti pindahin folder "Raiku" ke folder system di MMC, seperti itu seterusnya.. Mudah kok, nyalin2 aja..^^

Chameleon mengatakan...

mc ny uda bsa ^^, nah skarang yg jdi msalah wktu main gameny, w dl game tapi frmatnya rar, trus w ekstrak ke mc. isi ektrakannya flder2 gameny. nah wktu d bka lwat hpe lwat xplore, w bka apps di dalem flder gamny. prtama uda ad tlisanna awal n-gage ny (awal game), trus kok lngsung eror gtu n lngsun ketutup. ntu gmna? pls elp

Dwi Maihut mengatakan...

Whaaa, itu n-gage 2.0, gak bisa buat hp n-gage.. Beda sistem^^

Anonim mengatakan...

mas dwi minta game format blz donk.... yang terbaru....

alwanz mengatakan...

Hai , Assalamualaikum wr.wb.
baru baru ini saya baru saja membuat web di http://alwanz.com

yang berisi tentang :
preview | test | tips trik | tutorial | games | Aplication |
dan semuanya tentang nokia Symbian Dan gadget terbaru, jadi jangan Lupa Untuk Selalu mampir ya, terima kasih. ..
buat pak admin, saya numpang promsi ya :-)


wassalamualaikum wr.wb

http://alwanz.com | http://m.alwanz.com (mobile version)

Anonim mengatakan...

mas klo gk komptrny gk ad blototh truz gmn??? (NGAGE qd)nginstalnya yg pke unmake d estrak d kompt/ato/ hp?????????????

Rochmad Taufik Ismail mengatakan...

Kak dwi gw udh install blz instappnya n jg udh install gamenya(motogp) tp wktu d jlnin kp g kluar gbrnya hny kluar gbr htm sj tolong dong

Anonim mengatakan...

mas dwi mau nanya nih ..
klo misalnya download game yang formatnya jar trus d extract bnyak tuh kluar folder"
trus yg harus d msukin k n gage nya folder yang mana ???
apa smuanya aja ?

Anonim mengatakan...

boss kalo cara instal game berformat n-gage gmna?? di hp n-gage qd

AMZMA mengatakan...

bIsa kagak instal game ngage versi 1.0 di hape yang make ngage launcher versi 2.0?

rahmad arif mengatakan...

cara menginstall game berformat zip gmna yaa ???

rahmad arif mengatakan...

cara menginstall game berformat zip gman yaa ????

Anonim mengatakan...

gimana si caranya install file sis di homputer?

trias punya blog mengatakan...

masih bingung ni...

yang bisa cuma yang *sis ukuran kecil

pengen install fifa, asphalt, red faction buat n-gage QD tapi kagak tahu caranya..

binguuuung...

Dwi Maihut mengatakan...

tinggal extrak dan salin foldernya ke hp..

Anonim mengatakan...

tpi klo yang SISX gmna kak??

alan mengatakan...

kk gmana cranya nginstal game format ngage? dan comen diatas itu game buat ngage platform 2.0,trus bisa ga di maenin di hp ngage?trus maksudnya ngage 2,0 tu yg gmana sich,,,,?.mksih kk,,d tunggu jwban nya

Anonim mengatakan...

kak..
mo tanya nie..
gamenya udah dekstra dan udh disalon foldernya ke MMC, tp pas dpsng ke hp,kok gamenya ga ada,
tlng ksh solusinya dong???
thanks

Anonim mengatakan...

kak..
mo tanya nie..
gamenya udah dekstra dan udh disalon foldernya ke MMC, tp pas dpsng ke hp,kok gamenya ga ada,
tlng ksh solusinya dong???
thanks

Anonim mengatakan...

mas kalo filex berupa N-gage cara nginstalx gmn? :)

Posting Komentar

It's totally free for submitting comments :D
Fill the name with your ID or your Nickname! And do not put any link or your comment will reject.. (I hate spam)

Template by : Software and Symbian Mobile