Kamis

Playing N-Gage 2.0 on Samsung i8510 INNOV8



Video diatas memperlihatkan seseorang telah berhasil menginstall n-gage 2.0 kedalam ponsel Samsung miliknya. Pertanyaan yang timbul di benak saya adalah bagaimana bisa dia menginstallnya kedalam ponselnya??? Dilihat dari spesifikasinya, ponsel tersebut berplatform symbian. "Ya wajarlah, kan sama-sama symbian" kata teman saya begitu.. Tapi saya tidak berpikir begitu, setahu saya vendor ponsel yang menanam platform symbian di seri ponsel middle-high end adalah Nokia, Sony Ericsson, Siemens, Samsung, dan LG. Tapi meskipun mereka sama-sama menanam platform symbian di seri ponsel mereka, tidak ada satu pun yang sama! Masing-masing mereka memiliki system operasi yang berbeda. Masing-masing vendor pun telah mendaftarkan hak paten symbian mereka. Jadi, kenapa Samsung bisa memasang n-gage 2.0 ke platform mereka?

Saya sih berpikir ada beberapa kemungkinan :

1. Samsung telah meminta ijin kepada Nokia untuk memakai platform symbian mereka pada seri Samsung ini dan membayar sejumlah royalti atau imbalan.
2. Samsung tidak sengaja membuat platform symbian yang memiliki karakteristik sama dengan Nokia.
3. Pemilik ponsel Samsung ini memodifikasi file installer N-gage 2.0.
4. Pemilik ponsel Samsung ini memodifikasi file PIPS untuk menyokong installer N-Gage 2.0 (1000% ya, tanpa ini mustahil dia bisa menginstall installer n-gage 2.0).
5. Dia sangat pintar sampai bisa mengubah installer N-Gage 2.0 dan PIPS !!!

Hahaha.. Ya, saya berpikir begitu, dia sangat pintar! Nokia memang malang sekali, sejak n-gage generasi pertama sampai generasi kedua game mereka selalu di cra*k, padahal sebelum launching N-Gage 2.0 Nokia jauh-jauh hari sudah mengklaim sudah belajar dari pengalaman N-Gage generasi pertama dan membuat sistem pengaman yang ampuh untuk membentengi game mereka. Mengenai harga, beberapa minggu lalu sewaktu saya membeli ponsel 5800xm, sempat hampir membeli ponsel Samsung i8510 ini, karena modelnya mirip 5800xm dan brand Samsung saya kira murah harganya, dan ternyata oh ternyata lebih mahal dari Nokia 5800xm, harganya 7 juta !! Akhirnya saya mantab memilih 5800xm yang notabene brand terkenal dan didukung banyak pengembang daripada Samsung (kalau saja harganya murah saya pilih Samsung, hahaha..)

1 Comment (s):

ririn mengatakan...

uwowwwww.. hape barooo...
hm.. masa perusahaan brand terkenal bisa "ga sengaja" gitu.. ga ah, samsung ga gitu ah *sok2, ngebelain samsung, even ga tau masalahnya sebenernya gimana,hahaha...

emang samsung mahal dan pelit!hahaha

mo samsung, mo nokia, tetep ajaa.. hape barooo.. (eh, beneran ganti HP atau ini review aja sih dwi? beli kan? kan yang lama rusak,ahaha).. jadi sekali lagi:
HAPEEE BAROOOOOO... suit,suiiiit...
*heboh berlebihan:))

Posting Komentar

It's totally free for submitting comments :D
Fill the name with your ID or your Nickname! And do not put any link or your comment will reject.. (I hate spam)

Template by : Software and Symbian Mobile