Selasa

Huuffth.. Cape banget badan ne.. Rasa-rasanya badan aku mau rontok satu persatu.. kakiku udah beku duluan, gak sanggup gerakinnya. Rasanya aku gak pernah secape ini, (kecuali pas diospek di SMA dulu). uuuhhh kakiku kram!! huhuhu :(

Semua penderitaanku dimulai senin pagi tadi. Bangun jam 07.15 trus buru-buru mandi, manasin motor, pasang spion dan helm (biar dicuekin pak polisi), berangkat deh.. gak sempet sarapan. Sampe di kampus aku ngira udah hampir terlambat dan mau ditinggal pergi sama rombongan, eh taunya smua temen2 anak teknik pertambangan masih kongkow kongkow di tepi jalan, nunggu bus pemda.. Aaaarrggh...! aku udah ninggalin sarapanku!;-( Ya udah, pasrah, ngobrol bentar sama teman trus markirin motor (sambil mengenang2 sarapanku yang kutinggal tadi, hiks). Bus pemda yang kami tunggu2 sampe jam 10 lewat gak nongol2 juga, alhasil diriku semakin menyesali sarapanku yang kutinggal tadi, huhuhu..;-(

Jam 11 lewat baru deh busnya datang, horee akhirnya.. let's go to Sungai Beringin Village! Hmm akhirnya berangkat juga, tapi desa sungai beringin gak seperti yang kubayangkan, jauh banget perjalanan yang ditempuh untuk sampai kesana, belum lagi kondisi jalannya yang kecil dan tidak beraspal.. Sepanjang perjalanan di dalam bus aku berdiri bersama beberapa teman yang lainnya, gak dapat tempat duduk, ini nih yang bikin kakiku kram..

Kira-kira hampir sejam perjalanan akhirnya kami sampai di lokasi tambang batubara, lokasi yang pertama kali kami singgahi adalah areal milik PT. Surya Mineral Persada, luasnya 6 Ha. Saya dan 5 teman saya langsung turun ke bawah melihat secara dekat proses menambang batubaranya, waste dumping area-nya, tempat penumpukan tanah, de el2..
Setelah melihat2 kami langsung mencecar pertanyaan2 kepada bapak dari PT. SMP yang mendampingi kami, pertanyaan2 kami memojokkan PT. SMP, bagaimana tidak, satu pun ilmu mengenai keselamatan lahan bekas tambang yang kami pelajari di bangku kuliah tidak ada kami temui disana. Kalau di kampus kami diajari top soil dan sub soil harus dipisah ketika mengeruk lahan, eh disana malah dicampur aduk, tapi hebatnya pohon masih bisa tumbuh di areal bekas tambang mereka, ya walaupun cuma pohon akasia (buat netralisir tingkat keasaman tanah). Ada 1 hal yang bikin aku terkejut, jika malam hari mereka mengaliri air asam tambang mereka ke sungai, wuaduh ini kan berbahaya buat penduduk skitar? Tapi pas ditanya, si bapak cuma bilang "ya gpp, ikan aja tetap idup kok, gak masalah, kalau untuk reklamasi itu tanggung jawab dari PT. Altra Kartika, PT kami hanya sub disini" ckckck.. Sesudah dari sini kami ke areal tambang berikutnya, sampai 3 areal tambang yang kami datangi.. gak kebayang deh capeknya mengitari hektar demi hektar areal tambang itu dibawah terik matahari, mana gak bawa topi lagi, klop dah.. Oke, balik ke permasalahan tadi, dari keseluruhan aku bisa ambil kesimpulan bahwa teori yang sudah aku pelajari sewaktu kuliah tidak mutlak diterapkan dilapangan, yang seharusnya begini, jadi begitu, harusnya dikerjakan 4 kali, dikerjakan 2 kali, semuanya demi efisiensi dan keuntungan perusahaan semata..

Jam 4 sore baru kami keluar dari sana, sialnya hujan turun, waah bakalan gak bisa keluar neh kalau jalanannya basah.. Alhasil di dalam hati aku mulai komat kamit berdoa agar diberi kemudahan keluar dari tempat itu, hehehe.. :) aku gak mau kalau sampai nginap disana, pasti banyak nyamuk.. At least, kami bisa keluar dengan selamat dan menuju kampus untuk ngambil motor..

Sampai di rumah, braaakk.. langsung deh tiduran di kamar, gak bisa tidur, mungkin karna belum mandi, oke aku mandi, coba lagi tidur, gak bisa, mungkin butuh minuman hangat, ya sudah aku bikin teh, pas aku minum kok rasanya kopi ya? Aku pelototin air di dalam gelasku, gak jelas lagi warnanya, aku liat bubuk kopi berserakan di meja, daaamnn!! kaya disambar petir rupanya aku udah campurin kopi ke dalam teh aku, pantesan warnanya gak jelas.. Aku memang biasa minum kopi, jadi aku refleks aja masukin bubuk kopi pas bikin teh tadi, pelajaran nih buat aku, hehehe.. :)
Well, gara-gara teh plus kopi tadi aku gak bisa tidur, walaupun mata rasanya berat.. satu hari ini bener2 penuh penderitaan.. Hiks.. ;-(

0 Comment (s):

Poskan Komentar

It's totally free for submitting comments :D
Fill the name with your ID or your Nickname! And do not put any link or your comment will reject.. (I hate spam)

Template by : Software and Symbian Mobile