Kamis

Praktikum "Perubahan Materi"

Fiuuh... Akhirnya!
Hari ini kelompok praktikum kimia saya, kelompok XI, yang terdiri dari Dwi Maihut (saya sendiri), Abu Hapas, Deni Susanto, Efrianto, & Yulia Nababan (tidak hadir saat praktikum tadi) baru aja merampungkan 2 percobaan tentang Perubahan Materi. Horeeeeee!!!!!:-) hahahaha
Seandainya kalian tau, semalaman saya tidur-bangun-tidur-bangun, nyelesaiin laporan awal praktikum. laporan awal itu sendiri baru kelar sekitar jam 8an pagi tadi... Kenapa laporan awal ini begitu penting? ealah, tanpa itu saya mana boleh masuk labor!:-)
Selama kegiatan praktikum, saya yang kebagian mencatat tiap reaksi yang ditimbulkan dari hasil percobaan benar-benar membutuhkan konsentrasi & fokus total, sebab jika salah mencampurkan zat bisa-bisa jadi tragedi bom bunuh diri..:-)




Oke, ini dia percobaan yang kelompok kami lakukan di kampus tadi :

Percobaan 1.1:

 Memanaskan beberapa potong lilin ke dlm tabung reaksi dgn penangas air, kemudian saat potongan2 lilin berubah, diangkat dan dicelupkan tabung reaksinya ke dlm air dingin. Yang terjadi : Selama 2 menit dipanaskan lilin mencair, cairan berwarna bening.

 Memasukkan 1 sendok NaCl ke dlm gelas kimia yg telah diisi air, kemudian diaduk. Yang terjadi : Saat dicampurkan air, cairan berwarna bening, kemudian saat dipanaskan selama 1 menit terdapat titik2 embun/uap pada tutup atas cawan petri. Semakin lama pemanasan semakin banyak dan cepat terbentuk titik embun/uapnya. Kemudian saat didinginkan, uap/titik embun tadi kembali menjadi cair (air) seperti semula, namun NaCl-nya telah melebur bersama air.






Percobaan 2.2:

 Menambahkan 3 mL larutan kalium iodida 0,1 M ke dalam tabung reaksi yang berisi 2 mL larutan timbal (II) nitrat 0,1 M. Yang terjadi : Setelah dicampurkan, terjadi perubahan warna. Pada awalnya kalium iodida berwarna kuning cerah dan timbal (II) nitrat berwarna putih bening. Setelah dicampur, membentuk warna kuning pekat dan terdapat pengendapan.

 Menambahkan beberapa tetes larutan asam klorida 1 M (memakai pipet tetes) ke dalam tabung reaksi yang berisi 1 mL larutan kalium kromat 0,1 M. Yang terjadi: Pada awalnya larutan asam klorida berwarna putih bening dan larutan kalium kromat berwarna kuning. Setelah dicampur, membentuk warna kuning terang. Suhu tetap.

 Memasukkan sebutir kecil batu pualam ke dalam tabung reaksi yang berisi 2 mL larutan asam klorida 1 M. Yang terjadi: Batu pualam mengeluarkan buih (seperti soda) dan kemudian melebur. Warna cairan putih, suhu hangat, dan terdapat pengendapan.

 Menambahkan beberapa tetes larutan natrium hidroksida 1 M (memakai pipet tetes) ke dalam tabung reaksi berisi 2 mL larutan amonium klorida 1 M. Kemudian mengibaskan udara di atas tabung reaksi ke arah hidung. Yang terjadi : Setelah dicampur, warna cairan tetap bening, namun cairan mengeluarkan bau seperti bau pesing.

 Tabung reaksi 2 buah diisi masing-masing 3 mL larutan asam klorida 1 M. Kemudian menggenggam kedua tabung reaksi dan merasakan suhu kedua larutan. Setelah selesai, kedua tabung berisi 3 mL larutan asam klorida 1 M tadi masing-masing ditambahkan larutan natrium hidroksida 1 M. Yang terjadi : Setelah mengalami pencampuran, suhu larutan menjadi hangat/panas.





TEORI DASAR :

Dari hasil praktikum kelompok kami, saya dapat menarik atau menyimpulkan teori dasar dari Perubahan Materi.
Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi yang juga disebut sebagai zat atau benda, dapat diamati dengan panca indera, misalnya warna, wujud, kekerasan, rasa, bentuk, bau, kelarutan, korosif, dan terbakar.

Setiap materi akan berubah jika diberikan suatu perlakuan. Perlakuan ini akam menimbulkan perubahan terhadap materi. Perubahan ini ada yang bersifat sementasa dan tidak menghasilkan zat baru yang disebut perubahan fisika, dan yang bersifat tetap serta menghasilkan zat baru yang disebut perubahan kimia (reaksi kimia).

Pada perubahan fisika tidak terjadi perubahan komposisi zat dan sifat kimianya. Perubahan fisika lebih kita kenal sebagai perubahan wujud zat. Pada perubahan wujud zat, tidak ada zat baru yang terbentuk. Zat tersebut meski telah berubah wujudnya tetapi masih mempunyai rumus molekul kimia yang sama.
Sebab-sebab terjadi perubahan fisika: penerimaan panas oleh zat, pelepasan panas oleh zat, pencampuran zat tanpa membentuk zat baru, pemotongan atau pembelahan zat.

Macam-macam perubahan fisika :
 Mencair : perubahan wujud zat dari padat ke cair.
 Menguap : perubahan wujud zat dari cair ke gas.
 Menyublim : perubahan wujud zat dari gas ke padat/sebaliknya.
 Mengembun : perubahan wujud zat dari gas ke cair.
 Membeku : perubahan wujud zat dari cair ke padat.

Sedangkan untuk perubahan kimia, ada yang berlangsung cepat dan ada yang berlangsung lambat. Kecepatan reaksi (perubahan) kimia dapat diketahui dengan mengukur sesuatu yang berubah terhadap waktu. Untuk suhu reaksi, semakin tinggi suhu, semakin cepat pula partikel pereaksi bergerak, akibatnya tumbukan antar partikel semakin sering sehingga mempercepat reaksi (perubahan) kimia.

Secara umum, makin besar konsentrasi pereaksi, makin cepat suatu reaksi berlangsung. Hal ini berkaitan dengan jarak antar partikel pada pereaksi. Makin besar konsentrasi pereaksi, maka jarak antar partikel pereaksi makin dekat. Semakin luas permukaan sentuh, makin cepat kecepatan reaksi. Selain itu, katalis berperan dalam mempengaruhi kecepatan reaksi (tetapi katalis tidak ikut bereaksi).

Perubahan kimia ditandai dengan:
 Perubahan warna.
 Perubahan suhu.
 Timbulnya endapan.
 Timbulnya gas.
 Perubahan bau.
 Perubahan pH.

Hooaaaaahaaaaeeeem...... Ngantuk nehh.. Dah dulu ya ngetiknya teman-teman/pembaca, mao tidur dulu, nebus utang..
Gud naigh(^_^)

7 Comment (s):

Anonim mengatakan...

thanxxxx:)

Anonim mengatakan...

jadi kapan nih wi pkl nyaaaa? hehehehe

Anonim mengatakan...

I LIKE YOUR BLOG'S,YOU ARE CREATIVE

Anonim mengatakan...

Waw,menarik sekali!!!
Aku sangat terkesan dg gambar yang bergerak2 di bawah. Bagiku banyak makna..................

KazekaGe mengatakan...

@anonim : hehehe, makasi makasi... jadi salting nih.. ;)
Ini dua Anonim orang yang sama bukan ya? aku satuin aja ya.. Hmmm blog aku belom apa2nya, masih banyak ko' yang lebih bagus dari ini..

ririn mengatakan...

ckckck.. dwi, praktikum malah foto2,eksis betul, hahaha..

ha, ternyata dimana2 sama,, ada laporan awal praktikum juga:)

Dwi Maihut mengatakan...

Praktikum waktu masih semester 1 rin.. Jadul..
Fotonya diambil waktu jam2 akhir.. Temen2ku upload foto mereka ke fb, lah aku ke blog, hehehe...

Poskan Komentar

It's totally free for submitting comments :D
Fill the name with your ID or your Nickname! And do not put any link or your comment will reject.. (I hate spam)

Template by : Software and Symbian Mobile