Jumat

SAMBUNGAN INTERNET BROADBAND

Sambungan internet broadband bisa dibuat dengan cara seperti menggunakan telepon kabel, wireless, satelit dan lain-lainya. Broadband sendiri merupakan istilah yang biasa dipakai untuk sambungan internet high speed dengan teknologi tinggi.
1. Broadband dengan telepon kabel
Telepon kabel bisa dijadikan saluran internet broadband. Dulu di rumah saya pernah memakai ini (telkomnet instan), tapi tidak sampai dua bulan diputus (alasannya tidak perlu saya kemukakan, hehehe..)

2. Telepon kabel dan ADSL
Akses broadband satu ini menggunakan kabel spesial dengan mengadopsi ADSL (Asymetric Digital Subscriber). Sambungan dengan cara ini merupakan salah satu cara sambungan internet dengan kecepatan paling cepat, cara ini merupakan solusi bagi yang suka upload n download di internet. Telkom speedy adalah contoh dari broadband jenis ini

3. Internet Kabel
Cara ini selain digunakan untuk akses internet juga bisa dipadukan sama Tv kabel. Biasanya seh banyak di kota-kota besar

4. Wireless
Cara sambungan ini tidak menggunakan kabel. Layanan wireless juga tidak ada di semua daerah. Contohnya WiFi, ini memiliki area-area tertentu yang menjadi titiknya, titiknya sering juga disebut hotspot area.. Kantor-kantor besar biasanya menyediakan hotspot area bagi karyawannya. Mall-mall besar juga seperti itu biasanya, menyediakan area hotspot di lantai tertentu di dalam mallnya & juga biasanya dibatasi cuma 2 jam per IP Address supaya semua pengunjung punya kesempatan yang sama.. Kalau di jogja seh yang saya tau ada di alun-alun jogja.. O ya, kalau kita akses internet via koneksi WiFi ini gratis tis tis.. Kalau ditanya kenapa, susah ngejelasinnya, ya pokoknya seperti kita memakai radio, kira-kira seperti itu lah.. (WiFi emang pake gelombang radio). So, kalau di alun-alun jogja kebanyakan pengunjungnya membawa laptop, tau kan alasannya :)

5. By Satelit
Internet broadband satu ini bisa dipakai dimana saja di wilayah indonesia, tidak peduli pelanggannya ada di daerah terpencil sekalipun. Tapi untuk berlangganan dengan cara ini biayanya sangat besar. Kalau semua saluran broadband internet lain tidak bisa digunakan baru deh pakai yang ini, itupun kalau kocek kita tebal, hehehe..

6. Broadband dengan GSM
GSM dengan teknologi 3G (UMTS) dan 3,5G (HSDPA) adalah salah satu koneksi internet terbanyak yang dipakai saat ini. Kelemahan sistem ini adalah tidak stabilnya kecepatan internet jenis ini alias cepat atau tidaknya kecepatan internet jenis ini sangat tergantung dari seberapa jauh kita (pemakai) dengan menara BTS operator GSM tersebut. Kadang kala secepat angin koneksinya, kadang pula seperti kura-kura. Orang yang sabar, tidak suka marah-marah, mengumpat dijamin saat mengakses internet memakai sambungan jenis ini akan berubah 100%


Saya sendiri termasuk pengguna internet mobile, karena saya memang jarang duduk di depan komputer kecuali untuk menulis di blog, upload and download something, modif tampilan blog dan hal-hal lain yang tidak bisa dilakukan di ponsel (alasan laennya seh karena terhimpit pola ekonomi mahasiswa, hehehe..). Kalau mengakses internet hanya untuk cek email, facebook, YM, baca portal berita online saya merasa mubazir, semua itu toh bisa saya lakukan via ponsel, ya tentunya dengan tambahan browser dari pihak ketiga, kalau ngandalin browser bawaan membuat saya tidak leluasa, soale ada situs-situs yang tidak bisa dibuka dengan browser bawaan.

1 Comment (s):

Ismail Hidayat mengatakan...

aku komentarin ya...

Poskan Komentar

It's totally free for submitting comments :D
Fill the name with your ID or your Nickname! And do not put any link or your comment will reject.. (I hate spam)

Template by : Software and Symbian Mobile